IDX-MESBUMN, Alternatif Indeks Saham Syariah Untuk Para Investor

Pada bulan lalu April 2021, Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi meluncurkan indeks baru yang diberi nama Indeks IDX-MESBUMN. Indeks tersebut merupakan bentuk sinergi BEI dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Diharapkan peluncuran indeks tersebut dapat menjadi salah satu indikator peranan pemerintah dalam pengembangan ekonomi syariah.

Berbeda dengan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang berisikan seluruh saham yang termasuk kategori syariah yang berjumlah 403 saham (daftar saham syariah dapat dilihat disini), IDX-MESBUMN ini melakukan penyaringan kembali dengan berbagai syarat hingga tersisa lah 17 saham.

Pemilihan 17 saham syariah tersebut mengedepankan beberapa prinsip seperti memiliki likuiditas baik, kapitalisasi pasar besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Indeks IDX-MESBUMN ini sangat cocok bagi para investor yang mengedepankan kesyariahan dalam berinvestasi saham khususnya di pasar modal syariah. Selain itu, juga dapat mengukur kinerja harga saham dari 17 saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Apa saja daftar 17 saham syariah yang termasuk pada indeks tersebut?

Baca Juga: 4 Hal Yang Harus Kamu Pahami tentang Pasar Modal Syariah

Daftar Saham Indeks IDX-MESBUMN

NoNama PerusahaanKode Saham
1Aneka Tambang TbkANTM
2Bank Syariah Indonesia TbkBRIS
3Elnusa TbkELSA
4Indofarma TbkINAF
5Kimia Farma TbkKAEF
6Perusahaan Gas Negara TbkPGAS
7PP Presisi TbkPPRE
8Bukit Asam TbkPTBA
9PP (Persero) TbkPTPP
10Semen Baturaja (Persero) TbkSMBR
11Semen Indonesia (Persero) TbkSMGR
12Timah TbkTINS
13Telkom Indonesia TbkTLKM
14Wijaya Karya Bangunan GedungWEGE
15Wijaya Karya (Persero) TbkWIKA
16Waskita Beton PrecastWSBP
17Wijaya Karya Beton TbkWTON
Sumber: idx.co.id

Metode Perhitungan

Penghitungan indeks IDX-MES BUMN 17 menggunakan metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted.

Penerapan metode tersebut dengan menerapkan pembatasan bobot saham paling tinggi sebesar 20 persen yang disesuaikan pada saat evaluasi. Adapun, indeks ini telah dihitung dengan nilai awal 100.

Evaluasi berkala atas indeks terdiri dari evaluasi mayor dan evaluasi minor. Evaluasi mayor yang bertujuan untuk melakukan pemilihan dan pembobotan ulang atas konstituen indeks, akan dilakukan pada akhir Mei dan November. 

Sedangkan evaluasi minor yang bertujuan untuk memperbaiki faktor free float serta melakukan pembatasan ulang atas bobot saham, akan dilakukan pada akhir Februari dan Agustus

Dari garis grafik diatas kamu dapat melihat bagaimana kinerja indeks tersebut kedepannya. Saat ini baru terdapat 3 indeks syariah yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index 70 (JII70), dan Jakarta Islamic Index (JII). 

Semoga kedepannya pasar modal syariah Indonesia dapat lebih maju lagi! 🙂

21 thoughts on “IDX-MESBUMN, Alternatif Indeks Saham Syariah Untuk Para Investor”

  1. Baru tahu deh dengan kehadiran ketiga indeks syariah ini 🙂 Semoga info2 tekini tentang onvestasi bisa sampai pada masyarakat, siapa tahu ingin berinvestasi ya mas. Mantap ada juga tabel 17 saham syariah, jadi kita ngeh mana2 aja yang termasuk di dalamnya. TFS.

  2. Pemilihan 17 saham syariah tersebut mengedepankan beberapa prinsip seperti memiliki likuiditas baik, kapitalisasi pasar besar, serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

    Mantab kalii, nih bisa menjadi referensi yg kredibel buat para investor, utamanya yg mengedepankan kesyariahan dalam berinvestasi saham khususnya di pasar modal syariah ya.

    Siap catat Indeks IDX-MESBUMN !

  3. Makasi bgt infonya. Aku emang lagi mau invest saham syariah nih biar tentram dunia akhirat. Gak mau dpt profit dari hal2 yg cenderung riba.

    1. Benar… tapi kalau tulisan ini khusus yang termasuk dalam indeks MESBUMN aja karena sebenarnya daftar saham syariah ada 400an.

  4. Baru tahu soal OSX Mesbumn, ini ternyata berbasis syariah, ya. Ternyata lumayan banyak juga, udah ada 17 perusahaan yang punya saham syariah. Moga ke depannya pasar modal syariah di negara Kita lebih maju

  5. aku lagi nyoba jga nih indeks saham di bank syariah. terobosan baru dengan peluncuran IDX MESBUMN ini semoga bikin banyak warga terutama masy muslim utk invest di sana ya

  6. Bisa jadi pilihan yang aman ini ya, meski saat ini baru terdapat 3 indeks syariah yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index 70 (JII70), dan Jakarta Islamic Index (JII), semoga kedepan pasar modal syariah Indonesia dapat lebih maju lagi. Aamiin

  7. Aku sendiri masih belajar tentang investasi dan saham, belum banyak tahunya tapi seneng bisa dapet pengetahuan baru soal saham syariah di sini. Beberapa kali juga sering nanya kira-kira saham-saham gini halal gak ya? hahah:’)

  8. Seneng banget, dengan adanya 3 index syariah ini pilihan investasi jadi makin beragam. Apalagi trend investasi syariah juga mulai mendapatkan momennya belakangan. Jadi penasaran kedepannya bakal jadi seperti apa, semoga membawa kabar bahagia nih

  9. Firdaus Deni Febriansyah

    Wah ternyata ada juga ya saham syariah itu, aku baru tau. Terima kasih atas penjelasan dan informasinya ya kak, wawasanku jadi bertambah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *