Uang Tunjangan Hari Raya  (THR) selalu menjadi hadiah yang dinanti-nantikan kehadirannya setiap tahun oleh siapapun. Namun, tak banyak juga dari kalian yang masih merasa kebingungan bagaimana cara mengelola uang THR tersebut,

Pasalnya, masih banyak yang menghabiskan uang THR untuk kegiatan konsumtif saja. Sah-sah saja, namun alangkah lebih bijak kamu dapat menyisihkan untuk investasi juga.

Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa cara mengelola uang THR dengan berbagai macam instrumen investasi. Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Dividen dalam Investasi Saham

Cara Mengelola THR

Tips mengelola uang THR yang baik adalah salah satunya dengan cara berinvestasi. Selain kamu bisa menyimpan uang dengan aman, kamu juga bisa mengembangkan uang dengan cara investasi. 

Investasi sendiri banyak jenisnya, kamu bisa memilih beberapa investasi sebagai berikut :

1. Investasi Saham

Mungkin kamu sudah sering kali mendengar, tapi masih merasa takut untuk memulai karena risiko yang dihadapi akan begitu besar ketika memutuskan untuk terjun di bidang investasi saham ini. 

Namun, semua itu bisa kamu hadapi asalkan kamu yakin, untuk itu agar kamu bisa lebih sukses dalam investasi saham ini, pastikan :

  • Memilih perusahaan sekuritas dengan kinerja baik dan yang pasti sudah terdaftar di OJK.
  • Cobalah untuk menginstall aplikasi investasi saham untuk membantu mempermudah proses pembelian saham secara online.
  • Untuk proses transaksi saham sendiri, kamu harus membeli minimal 1 lot / 100 lembar saham. Jika kamu pemula mulailah membeli saham dengan jumlah minimal atau nominal yang kecil.
  • Usahakan untuk investasi dalam jangka panjang dan lakukan diversifikasi saham untuk meminimalisir risiko saham dalam jangka panjang.

2. Investasi Reksa Dana

Reksa dana adalah sebuah wadah yang menghimpun dana dari masyarakat untuk selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk saham, obligasi, maupun pasar uang oleh manajer investasi. 

Reksa dana ini akan sangat cocok untuk kamu yang baru memulai investasi, sebab segala aktivitas investasi reksa dana akan dibantu oleh pihak manajer investasi, sehingga kamu hanya perlu menanamkan modal. 

Untuk kamu yang tertarik ingin menanam modal di reksadana, kamu bisa melakukan hal – hal berikut, terlebih lagi bagi para pemula :

  • Lakukan pemilihan platform investasi reksa dana yang terpercaya(sudah memiliki izin OJK), seperti Bareksa.com, Ipotfund, Bukalapak, dan Tokopedia.
  • Coba untuk memahami jenis – jenis reksadana, mulai dari kelebihan, tujuan investasi. Adapun jenis reksa dana yang populer ialah, reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan juga saham.
  • Lebih baik lagi, sebelum investasi reksa dana coba untuk memahami prospektus reksa dana, sebab dengan prospektus ini kamu akan lebih mengenal mengenai perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya investasi, hingga tata cara pembelian dan penjualan reksa dana.

3. Investasi Obligasi

Investasi obligasi adalah investasi berupa surat utang yang dilakukan dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun. Investasi obligasi ini dapat dikatakan sebagai investasi yang paling aman, sebab pembayaran pokok utang dan kuponnya dijamin penuh oleh UU. 

Bahkan untuk keuntungannya sendiri tidak perlu dipertanyakan kembali karena para pemilik obligasi akan mendapatkan keuntungan dari imbal hasil sekaligus potensi kenaikan harga obligasi. 

Jika kamu tergiur untuk berinvestasi di obligasi, kamu bisa mempersiapkan hal – hal berikut :

  • Pastikan kamu sudah memiliki rekening di bank yang sudah terakomodir sistem SBN(surat Berharga Negara).
  • Mendaftar SID di bank, sebab SID(Single Investor Identification) ini nantinya akan menjadi nomor identitas seorang investor.
  • Karena launch seri obligasi ritel Indonesia tidak dilakukan setiap bulannya, maka kamu harus menunggu masa penawaran tersebut tiba dengan waktu yang tidak menentu.
  • Saat penawaran tiba, kamu bisa mulai membeli obligasi dengan harga minimal 1 juta per transaksi dan maksimal 3 milyar per KTP.

Nah, itulah ulasan mengenai cara yang tepat untuk mengelola uang THR dengan berbagai instrumen investasi. Sesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan yang kamu miliki.

Jadi, sudah dihabiskan untuk apa saja uang THR?