Pengertian dan jenis dividen

Pengertian dan Jenis Dividen dalam Investasi Saham

Pengertian dan jenis dividen merupakan salah satu istilah yang wajib diketahui untuk para investor yang telah terjun ke dunia pasar modal. Dividen layaknya hadiah ulang tahun yang selalu ditunggu – tunggu kedatangannya oleh para investor biasanya setiap tahun satu sampai dua kali. Mungkin istilah ini cukup membuat bingung, jika kita tidak tau arti dari dividen itu sendiri.

Besarnya dividen yang dibagikan bergantung pada besarnya saham yang ditanam investor di perusahaan tersebut, sehingga semakin besar saham yang ditanamkan, maka semakin besar pula dividen yang diterima oleh para investor. 

Besarnya dividen yang diterima tidak hanya bergantung pada seberapa banyak saham yang dimiliki saja, tetapi juga bergantung dengan laba yang diterima perusahaan dalam tahun pembagian dividen tersebut. Bahkan, jika perusahaan mengalami kerugian para investor bisa saja tidak mendapatkan dividen sama sekali. 

Baca Juga: Memahami Rumus PER dan PBV dalam Analisis Investasi Saham

Pengertian dan Jenis Dividen

Pengertian Dividen

Pengertian dividen adalah pembagian laba bersih oleh perusahaan kepada para investor / pemegang saham yang idealnya dilakukan setiap 1 tahun sekali. 

Pengertian Dividen Menurut Para Ahli

Di bawah ini sejumlah definisi dan penjelasan mengenai dividen menurut pakar yang dikutip dari https://accurate.id/ :

1. Baridwan

Baridwan (1997) menyebutkan, pengertian dividen adalah bagian keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham, yang mana besaran pembagian tersebut disesuaikan dengan lembar saham yang dimiliki pemegang saham. Besar dividen yang diperoleh pemegang saham pada setiap periode pembagian dapat berbeda, bergantung besaran laba yang diperoleh perusahaan.

2. Jamie Pratt

Jamie Pratt (2011) menjelaskan pengertian dividen adalah pembagian keuntungan berupa uang tunai, properti, atau saham kepada pemegang saham. Pengumuman pembagian dividen ini dilakukan oleh dewan direksi korporasi dengan menyebutkan besarannya sesuai basis per lembar saham.

3. Scott Besley dan Eugene F. Brigham

Scot Besley dan Eugene F. Brigham (2005) memaparkan dividen adalah uang tunai yang dibagikan kepada pemegang saham karena perusahaan mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut didapatkan dari periode yang sedang berlangsung maupun laba periode sebelumnya.

4. Nikiforos K. Laopodis

Nikiforous (2013) menjelaskan dividen adalah pembayaran secara tunai dari perusahaan kepada pemegang saham sesuai kepemilikan saham. Dividen tersebut sebagai wujud representasi imbal-balik investasi pemilik saham yang sudah dilakukan sebelumnya.

Jenis-Jenis Dividen

1. Cash dividend

Salah satu bentuk penyerahan dividen dengan cara pembayaran tunai. Pihak perusahaan bisa bersepakat dengan investornya, apakah uang tunai tersebut ingin diberikan secara langsung atau melalui perantara bank. Dengan kemudahan yang diberikan, cash dividen tidak diragukan menjadi pilihan yang tepat bagi para investor.

2. Property dividend

Bentuk pembayaran dividen investor dengan menggunakan barang seperti, aset, kendaraan, persediaan,dsb. Biasanya cara ini jarang dilakukan karena cenderung rumit, hanya saja terkadang perusahaan yang kekurangan kas operasi akan dengan terpaksa harus melakukan ini.

3. Stock dividend

Cara ini akan dilakukan perusahaan ketika kekurangan uang kas, yang mana perusahaan akan memberikan saham baru kepada para investor sebagai alat pembayaran dividen. 

4. Scrip dividend

Dalam keadaan terdesak perusahaan akan menggunakan cara ini, dimana perusahaan akan mengeluarkan janji tertulis yang berisikan pembayaran dividen diundur sampai jangka waktu tertentu. Biasanya karena perpanjangan waktu yang diminta, perusahaan harus sedikit merugi untuk memberikan bunga kepada para investor.

5. Interim dividend

Dapat diartikan sebagai pemabagian dividen investor yang dilakukan sebelum pembukuan tahuan berakhir. Namun, jangan khawatir jika dividen yang dibayarkan tidak sesuai dengan perhitungan, sebab di akhir pembukuan pihak perusahaan akan kembali memberikan laporan dividen final kepada para investor.

6. Liquidating dividend

pembayaran dividen ini hanya akan dilakukan ketika perusahaan sedang berada di masa kebangkrutan. Cara ini juga hanya berlaku bagi perusahaan yang masih memiliki cukup kas untuk mengembalikan semua modal yang ditanam oleh para investor, jika tidak dengan terpaksa investor harus kembali dengan tangan kosong.

Contoh Cara Menghitung Dividen

PT. Bank Central Asia (BBCA) saat ini mempunyai 24.6 miliar lembar saham. BBCA sendiri bisa menghasilkan laba bersih tahun 2020 sebesar 27,13 triliun. 

Dengan saham dan penghasilan yang dimilikinya, BBCA membuat kebijakan Dividend  Payout Ratio (persentase pendapatan yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemilik atau pemegang saham) sebesar 48% dari laba bersih yang dihasilkan perusahaan. 

Dengan data yang ada, maka besarnya dividen pada BBCA ialah:

Dividen = Laba bersih x Dividend  Payout Ratio

                 = Rp 27, 13 triliun x 48%

                 = Rp 13 triliun

Sehingga, besarnya dividen untuk per lembar saham adalah :Rp 13 triliun / Rp 24,6 miliar lembar saham = Rp 530 / lembar saham

Demikianlah pengertian dan jenis dividen yang dapat kamu baca untuk menambah pengetahuanmu di pasar modal. Semoga bermanfaat!

14 thoughts on “Pengertian dan Jenis Dividen dalam Investasi Saham”

  1. Waahhh belajar banyak lagii niih tentang keuangan, apalagi dengan istilah-istilah yang menurutku agak sedikit susah diingat nama-namanya. Mungkin karena tidak terbiasa dengan bahasa keuangan kali yaa.

  2. Aduh, Mas. Berasa baca diktat makul Ekonpmi deh. Hehehehe. Tapi lumayan nambah pemahamanku tentang dividen dan dunia investasi saham. Meskioun susah payah sih, aku memahaminya.

  3. Aku ga ngerti2 hal beginian mas. Zaman kuliah dulu kan ada bahasan investasi, deviden dll aku pusing hahaha 🤣 Sekarang pun masih bingung padahal udah pegangan. Makasih ya sudah berbagi ilmu dan wawasannya.

  4. Wow bahasan berat buat saya yang lemot ini
    Tapi menarik banget. Jadi pensaran malah dan pengen baca lagi
    Saya banyak dapat pelajaran dan istilah-istilah baru di bidang keuangan
    Makasi udah sharing ya, kak

  5. Roaming roaming roaming..
    Aku dulu milih IPA soalnya g bisa ama yg namanya keuangan.. heheh..
    Terima kasih untuk istilah baru yang baru kumengerti setelah baca blog ini heheh

  6. Firdaus Deni Febriansyah

    Terima kasih atas penjelasannya kak. Sekarang saya jadi makin tau tentang dividen dalam dunia saham..

  7. Mulai saham, forex, sampai btc. Kupelajari dan masih stuck aja aku.. Bingung semua sama istilah2 kek gini. Emang bukan bidangnku kali ya.. Btw thanks sharingnya kak. Mantab bener

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *