Dahulu, jika ingin berinvestasi saham maka kamu harus menghubungi salah satu sales (broker) yang ada di sekuritas untuk mengurus pembukaan akun hingga melakukan order transaksi jual beli saham. Zaman pun udah berubah dengan berkembangnya teknologi maka mulai banyak aplikasi mobile yang wajib kamu miliki untuk investasi saham. 

Sepengalaman saya selama di pasar modal, ada 4 aplikasi yang wajib kamu punya untuk mengatur strategi investasi saham agar lebih cuan.

Baca Juga: Endowment Fund : Reksadana Dana Abadi Yang Bertujuan Nirlaba
  1. Aplikasi Online Trading Sekuritas
aplikasi wajib investasi saham
Sumber: www.pikirantrader.com

Biar kamu bisa transaksi saham kamu wajib punya akun di sekuritas dahulu. Pastikan sekuritasmu punya fasilitas online trading ya karena tidak semua sekuritas memilikinya. Beberapa sekuritas hanya berfokus pada offline trading (contohnya kamu menelepon broker mu untuk order beli dan jual saham) sehingga ini menjadi aplikasi benar-benar wajib kamu miliki. 

Enaknya kalau kamu punya aplikasi online trading di handphone mu maka kamu bisa melakukan transaksi beli jual saham dimanapun asal ada koneksi internet. Cari lah sekuritas yang menyediakan aplikasi versi Android maupun iOs. 

Selain itu, fee transaksi online biasanya lebih murah ketimbang offline. Sekuritas tempat saya dulu bekerja memiliki perbedaan dimana fee beli 0,15% jual 0,25% untuk online sedangkan fee beli 0,25% jual 0,35% untuk offline.

  1. Aplikasi RTI Business

Aplikasi satu ini memang mudah dan ringkas digunakan untuk menunjukkan performa keuangan perusahaan-perusahaan berdasarkan laporan keuangan terbaru. User Interface dan User Experience nya juga sangat mendukung bagi orang awam sekalipun. Saat ini sudah tersedia di iOS dan Android

Disajikan dengan menu-menu yang tergolong “penting” seperti market, chart, news, corp action, financials dll untuk menyusun strategi investasi saham kedepannya. 

Kamu tinggal ketik saja di kotak pencarian kode saham yang ingin kamu liat maka semua data akan disajikan dengan cepat tanpa perlu harus hitung manual. Sangat membantu dan menghemat waktu dalam menganalisis saham.

  1. Aplikasi Trading View

Dalam analisis saham, kamu juga wajib melihat trend pergerakan suatu saham dalam periode tertentu. Melihat trend itu sangat penting apakah saham yang akan kamu beli dalam kondisi uptrend , downtrend atau sideways. Tidak hanya sekedar melihat trend saham, aplikasi ini juga menyajikan data-data komoditas, nilai tukat dan lainnya. Agar cuan semakin maksimal kamu juga harus memahami indikator-indikator dan pola-pola harga saham.

Semua yang udah saya sebutkan diatas dapat bisa kamu akses dengan menggunakan satu aplikasi yang bernama Trading View. Aplikasi ini terdapat di mobile dan ada versi dekstopnya. Saya baru menggunakan satu tahun terakhir dan ini yang paling bagus dan mudah digunakan.

  1. Aplikasi Stockbit

Nggak mau belajar analisis investasi saham sendirian? 

Kamu bisa gunakan aplikasi stockbit dikarenakan forum yang terdapat pada aplikasi tersebut sudah sangat ramai digunakan oleh para investor individu. Selain ada forum, pada aplikasi tersebut juga terdapat menu-menu yang sangat lengkap bisa kamu gunakan untuk analisis investasi saham seperti menu News.

Saya menggunakan fasilitas premium untuk aplikasi stockbit untuk berlangganan sejak awal tahun 2020. So far, saya sangat terbantu dengan banyaknya menu-menu yang lengkap dalam aplikasi stockbit. Versi dekstop yang paling saya suka karena lebih nyaman digunakan saat menyusun trading plan.

Empat aplikasi wajib diatas selalu saya gunakan sehari-hari sebelum investasi saham selama ini. Bahkan sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan potensi cuan yang maksimal.

Kalau kamu sering pakai aplikasi apa saja?