Salah satu jenis reksadana yang tidak begitu cukup populer di Indonesia adalah “endowment fund”. Reksadana “endowment fund” yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti dana abadi ini merupakan jenis reksadana yang cukup spesial dan tidak semua Manajer Investasi yang mengeluarkan produk yang satu. 

Baca Juga: Tertarik Investasi Reksa Dana? Pahami Dulu Pengertian Nilai Aktiva Bersih

Dana abadi ini sangat berbeda jika dibandingkan reksadana jenis lainnya seperti reksadana pasar uang, reksadana saham dan jenis lainnya. Sehingga tidak banyak investor yang melirik padahal memiliki tujuan sosial yang sangat bagus.

Menurut Investopedia 

“An endowment fund is an investment fund established by a foundation that makes consistent withdrawals from invested capital. The capital or money in endowment funds is often used by universities, nonprofit organizations, churches, and hospitals. Endowment funds are typically funded by donations that are deductible for the donors and are used for specific purposes”

Masih bingung?

Gini loh… singkatnya suatu kumpulan dana investasi yang dibentuk oleh institusi bisa Manajer Investasi atau lainnya yang dimana terdapat penarikan berkala untuk kegiatan atau tujuan tertentu yang berfokus pada kampus, organisasi nonprofit, rumah sakit dan lainnya.

Jenis produk ini memang beda banget jika dibandingkan reksadana lainnya. Bahkan cukup unik karena yang harus kamu pahami dana abadi ini memang memiliki tujuan nirlaba. Di luar negeri dana abadi sudah umum digunakan seperti yang ada di Harvard. Di Indonesia beberapa kampus ternama mulai membuat dana abadi yang bekerjasama dengan Manajer Investasi.

Reksadana Endowment Fund Indonesia

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Dari data diatas dapat dilihat bahwa berbagai jenis reksadana dibuat antara MI dengan pihak kampus rata-rata reksadana dana abadi dengan jenis pendapatan tetap dan campuran. Jika dilihat dari jenis reksadananya maka kebijakan kampus tidak masuk pada reksadana saham dikarenakan risiko yang terlalu tinggi jika sewaktu-waktu dana ditarik untuk kegiatan kampus padahal portofolio bisa saja sedang minus.

Agar lebih aman, dipilihlah campuran efek obligasi dan saham sehingga tetap memberikan imbal hasil yang menarik tiap tahunnya tetapi juga dengan risiko yang lebih minim.

Sekilas Produk Danareksa Brawijaya Abadi Pendapatan Tetap

Salah satu dana abadi yang baru-baru saja yang saya ketahui adalah Reksadana Danareksa Brawijaya Abadi Pendapatan Tetap. Ternyata kampus tempat saya menempuh studi S1 Universitas Brawijaya telah bekerjasama dengan salah 1 Manajer Investasi yaitu Danareksa Investment Management

Reksadana Danareksa Brawijaya Abadi Pendapatan Tetap adalah reksadana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang memperoleh pernyataan Efektif dari OJK sesuai dengan Surat No. S-173/PM.21/2019 tanggal 7 Februari 2019. 

Pemegang Unit Penyertaan reksadana tersebut dapat menentukan keikutsertaan dalam Program Donasi Yayasan Pengembangan Unibraw Abadi 

Calon Pemegang Unit Penyertaan dapat memilih untuk melakukan pembelian Unit Penyertaan dengan program investasi sebagai berikut:

  1. Investasi VVIP

Investor dapat menyumbangkan seluruh hasil investasi yang menjadi hak kepada Yayasan Pengembangan Unibraw Abadi. Investor tetap berhak atas Unit Penyertaan yang dimilikinya. Dengan memilih Investasi VVIP, maka Pemegang Unit Penyertaan memberikan kuasa kepada Manajer Investasi untuk melaksanakan penyaluran hasil investasi yang menjadi haknya kepada Yayasan Pengembangan Unibraw Abadi sehubungan dengan Program Donasi Yayasan Pengembangan Unibraw Abadi

  1. Investasi VIP

Investor dapat mendonasikan 50% (lima puluh persen) dari hasil investasi yang menjadi haknya untuk Program Donasi Yayasan Pengembangan Unibraw Abadi. Dengan memilih Investasi VIP, maka Pemegang Unit Penyertaan memberikan kuasa kepada Manajer Investasi untuk melaksanakan penyaluran 50% (lima puluh persen) dari hasil investasi kepada Yayasan Pengembangan Unibraw Abadi. 

  1. Investasi Reguler

Investor dapat memilih untuk tidak ikut serta dalam Program Donasi Yayasan Pengembangan Unibraw Abadi. Investor dapat memilih berinvestasi sesuai dengan reksadana pada umumnya.

Dari 3 program diatas dapat disimpulkan bahwa untuk dana abadi memang berbeda dengan reksadana pada umumnya karena ada pilihan program yang dapat diikuti. Program tersebut pun dapat menjadi amal dan kegiatan sosial untuk membantu aktivitas pendidikan pada kampus Universitas Brawijaya. 

Dimana yayasan pengembangan unibraw abadi tersebut juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa yang membutuhkan.

Jika dilihat dari gambar diatas, portofolio yang ada di dana abadi ini persis dengan yang ada pada reksadana pendapatan tetap pada umumnya. Bahkan 97.03% berada pada obligasi dan menyisakan 2,97% pada pasar uang. Dari portofolio tersebut dapat dilihat bahwa tingkat risiko reksadana dana abadi satu ini berada pada kategori sedang. 

Jika dilihat sejak penawaran umum perdana reksadana ini sudah mencatatkan imbal hasil sebesar 12,25% (hingga bulan Juli 2020). Untuk reksadana yang portofolionya sama dengan reksadana pendapatan tetap maka kinerjanya dapat dinilai bagus mengingat keadaan market sempat anjlok di bulan maret sehingga membuat kinerja bulanan reksadana pun minus hingga 6% tetapi dapat segera rebound.

Sumber: Prospektus

Jika dilihat melalui fund fact sheet untuk portofolio investasi efek terbesar pada portofolio berada pada obligasi pemerintah sehingga memiliki tingkat risiko yang lebih minim. Tetapi jika melihat lebih dalam pada prospektus dana abadi ini terdapat juga obligasi non pemerintahan yaitu obligasi perusahaan Bank CIMB Niaga dengan nominal yang terhitung kecil jika dibandingkan dengan efek-efek lainnya maka relatif lebih aman.

Secara keseluruhan portofolio investasi yang ada di dana abadi ini termasuk memiliki tingkat resiko tidak tinggi dan cocok bagi investor yang memiliki profil risiko moderate.

Selain itu, reksadana ini memiliki jumlah dana kelolaan 224 milyar tergolong besar dan jauh dari batas minimum dana kelolaan reksadana yaitu 25 milyar. Karena jika dibawah 25 milyar dapat dibubarkan oleh OJK dan ditutup paksa.

Dari segi produk, cocok bagi kamu yang ingin memulai investasi reksadana dengan tingkat risiko kecil ditambah dapat sekalian beramal juga apalagi sangat terjangkau juga bagi semua kalangan karena minimum pembeliannya dimulai dari 10 ribu saja.

Tertarik untuk mencoba endowment fund ini?