Skip to content

5 Blog Terbaik untuk Belajar Investasi Saham Pemula

5-blog-terbaik-untuk-belajar-investasi-saham

Dalam dunia investasi saham, banyak sekali investor pemula/awam yang masih mengalami kebingungan. Agar tidak bingung salah satu cara untuk belajar investasi saham dengan media blog dikarenakan mudah dan murah.

Tidak seperti produk investasi lainnya, investasi saham lebih kompleks dengan segala aturan, analisis hingga strategi investasi.

Baca Juga: 3 Tips Ini Akan Membantu Kamu Yang Masih Awam Untuk Memilih Sekuritas

Rekomendasi Blog Untuk Belajar Saham

Bagaimana untuk mengatasinya? Investor pemula wajib belajar dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan banyak membaca berbagai buku hingga media online seperti youtube, blog, epaper dll untuk terus mengasah pengetahuannya dalam dunia investasi saham.

Selama ini sering kali saya mendapatkan pertanyaan yang sama seputar rekomendasi blog yang berguna untuk mendalami dan membantu lebih memahami investasi saham dari banyak orang.

Berikut blog-blog yang menjadi acuan saya untuk menambah ilmu dunia saham selama ini :

1. Blog Teguhhidayat.com

Sejak beberapa tahun terakhir, blog ini menjadi salah satu acuan utama saya dalam belajar investasi saham khususnya analisis fundamental. Si penulis bernama Teguh Hidayat saat ini menjadi direktur di PT Avere Mitra Investama yang dia dirikan.

Kesehariannya fokus untuk mencari saham-saham yang bagus dengan harga terdiskon atau bahasa kerennya adalah value investing. Dengan konsisten beliau mulai berbagi pengalaman dan pengetahuannya di dunia investasi saham sejak 2010 melalui personal website yang dia miliki.

Saya sangat menyukai setiap tulisan yang dibuat oleh beliau. Kenapa? analisis yang detail dan bahasa yang sederhana membuat orang awam sekalipun memahami strategi investasi yang beliau gunakan.

2. Blog Parahita.wordpress.com

Penulis blog ini bernama Parahita Irawan. Menurut saya blog beliau salah satu blog dengan materi yang cenderung intermediate. Jika ingin mendalami rumus-rumus keuangan lebih mendetail dan analisis bisnis yang lebih tajam, blog ini wajib dibaca.

Apakah semua tulisannya termasuk tulisan β€œberat”? tentu saja tidak. Beliau juga menulis tulisan yang mudah dipahami secara mendetail terkait berbagai perhitungan valuasi, analisis laporan keuangan dan lain-lain yang dapat dipahami oleh pemula.

3. Blog Longterm-investment.com

Saya mulai membaca blog ini sejak tahun 2017. Blog ini berfokus pada investasi saham jangka panjang si penulis yang bernama Alianto Chan. Di blog ini para pembaca akan dihadirkan ulasan-ulasan saham dengan pendekatan analisis fundamental dengan jangka waktu panjang.

Paling menarik dari blog ini adalah ulasan mengenai kinerja portofolio investasi plus beliau berani blak-blakan untuk memperlihatkan daftar saham yang dia miliki di portofolio. Dari sini saya belajar banyak untuk mengubah pola pikir saya menjadi longterm oriented.

4. Blog Rivankurniawan.com

5-blog-terbaik-untuk-belajar-investasi-saham

Tidak jauh beda dengan blog sebelumnya, saya mulai membaca blog ini juga pada tahun 2017. Pengalaman mantan seorang trader saham ini yang berubah haluan menjadi seorang value investor patut diacungi jempol. Saat ini penulis lebih banyak mengadakan training untuk menperkenalkan value investing ke masyarakat umum.

Beliau konsisten dalam menulis setiap bulannya sehingga blog ini menjadi sangat hidup untuk menjadi bahan diskusi dan belajar. Beliau juga berfokus dalam investasi jangka pajang

5. Blog Bolasalju.com

Blog ini merupakan salah satu pelopor blog-blog yang membahas analisis fundamental sejak tahun 2010. Saat ini blog ini menyediakan banyak konten untuk belajar analisis fundamental lengkap dari untuk pemula hingga tingkat lanjut. Tapi untuk pembaca harus rela merogoh kocek lebih dalam karena banyak tulisan di blog ini saat ini diproteksi khusus untuk pelanggan berbayar.

Diluar itu, bolasalju merupakan salah satu rujukan saya untuk mendalami investasi jangka panjang dengan gaya value investing sejak dulu. Saat ini blog ini juga menyediakan beberapa produk gatis yang dapat didownload untuk mendalami lebih lanjut mengenai investasi saham.

Demikianlah blog-blog terbaik yang pernah saya baca hingga saat ini. Semua blog mengacu pada gaya analisis fundamental karena sangat cocok dengan gaya investasi yang saya miliki. Semoga beberapa rekomendasi blog ini dpaat menambah pengetahuan untuk belajar. Mari menjadi bagian dari value investor di Indonesia.

Salam!

44 thoughts on “5 Blog Terbaik untuk Belajar Investasi Saham Pemula”

    1. kalau menurut saya pribadi memang seharusnya fundamental adlaah ilmu utama. baru diikuti ilmu-ilmu lainnya. sama sama gan semoga bermanfaat

  1. Wow, info yang sangat oke nih. Nanti sekiranya minat untuk investasi saham, bisa baca kelima blog tersebut di atas. Thanks mas Diestra uraian yang singkat namun padat. Bintangin ah πŸ˜€ Catetttt.

  2. Aku masih asing dengan dunia investasi saham tapi pengin juga mencoba investasi di sana. Ada produk yang sudah kami incar walau belum mantap, hehe. Dengan dapat rekomendasi lima blog di atas, saya jadi tercerahkan nih, Kak, jadi punya pilihan buat gali informasi agar ga asal investasi. Thx banget ya πŸ™‚

  3. Ternyata banyak juga ya blogger yang khusus ngebahas tentang saham. Wah kemana saya selama ini (*malu). TFS ya, ini bakal jadi bekal saya nih buat belajar saham dari blog-blog mereka.

  4. Dari kelimanya kenapa aku nggak ada yang ngeh ya. aku tahunya cuma windi teguh sama mas dani rahmat, huhu. abis baca tulisan mas diestra aku malah jadi tahu nih blogger lain nih. makasih mas

  5. pengen belajar dikit-dikit ttg saham tapi bingung sumbernya darimana dan akhirnya dapat informasi blog ttg investasi saham disini. ternyata blognya mimin juga termasuk yg membahasnya topik tersebut, jadi lengkap banget. mantep dah,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *