Tren investasi saham semakin naik dalam beberapa tahun terakhir dan menyasar kalangan milenial. Banyaknya istilah keuangan dan investasi memang terkadang membuat investasi saham susah dipahami. Salah satu istilah umum yang sering dijumpai investor pemula dan harus benar-benar dipahami yaitu pengertian dari pasar modal.

Baca Juga: Memahami Rumus PER dan PBV dalam Analisis Investasi Saham

Apa Itu Pasar Modal?

Pengertian Pasar Modal

Pengertian pasar modal adalah pasar dimana terdapat berbagai instrumen investasi jangka panjang yang diperdagangkan seperti jual beli obligasi, saham, reksa dana, maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan tempat memperoleh pendanaan bagi perusahaan atau institusi pemerintah maupun swasta yang membutuhkan dan sebagai sarana alternatif bagi kegiatan berinvestasi masyarakat.

Secara garis besar sudah paham kan? 

Jadi pengertian pasar modal ini nggak jauh beda dengan pasar-pasar terdekat baik tradisional maupun modern. Sama-sama ada kegiatan transaksi jual beli, hanya saja pasar modal memperdagangkan “instrumen investasi” sehingga terlihat lebih rumit jika dibandingkan dengan pasar lainnya.

Selain produk yang diperdagangkan udah beda, pasar modal ini juga berisikan berbagai pihak yang terlibat loh. Seperti para pedagang yang ada di pasar. 

Pihak Yang Terlibat Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam aktivitas pasar modal yaitu:

1. Emiten

Sebuah sebutan untuk perusahaan yang melakukan proses penawaran saham atau obligasi kepada masyarakat

2. Investor 

Pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang melakukan penawaran saham atau obligasi. Bisa berupa investor retail (perorangan) atau investor institusi.

3. Penjamin Emisi (underwriter)

Perusahaan (salah satu jasa perusahaan sekuritas) yang menjamin terjualnya saham/obligasi sampai batas waktu tertentu dan dapat memperoleh dana yang diinginkan sesuai dengan kesepakatan..

4. Sekuritas

Perusahaan perantara antara si penjual (emiten) dengan si pembeli (investor) dalam jual beli efek.

5. Manajer Investasi

Perusahaan maupun perorangan yang bertugas untuk menerima dana dari nasabah kemudian mengelola dana tersebut diperdagangkan di pasar modal berupa saham atau obligasi sehingga membentuk produk yang bernama reksa dana.

Udah jelaskan beberapa pihak yang terlibat. Lalu, bagaimana dengan lembaga-lembaga yang mengatur dan mengawasi kegiatan pasar modal agar lebih aman dan terpercaya di Indonesia ini?

Lembaga dan Struktur Pasar Modal di Indonesia

Pengertian Pasar Modal
Karyawan beraktivitas di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Berikut lembaga-lembaga yang menjadi bagian dari pasar modal di Indonesia:

1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Lembaga satu ini  menggantikan fungsi Badan Pengawas Pasar Modal terdahulu sebagai pengawas seluruh aktivitas yang terjadi di pasar modal. Jadi, tenang saja nggak perlu was-was segala transaksi dan izin yang ada di pasar modal sudah diketahui oleh OJK.

2. Bursa Efek Indonesia (BEI)

Institusi yang mengatur dan menyiapkan sistem atau infrastruktur untuk menyatukan penawaran dan permintaan seperti transaksi pada saham setiap harinya pada saat jam buka perdagangan semua saham yang telah terdaftar melalui proses penawaran umum kepada publik.

3. Perusahaan Efek

Pihak yang melakukan kegiatan usaha dan memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penjamin Emisi Efek (PEE), Perantara Pedagang Efek (PPE), dan atau Manajer Investasi (MI). Biasanya merupakan perusahaan sekuritas maupun asset management yang ada di Indonesia. Cek perusahaan efek yang legal disini ya

4. Lembaga Kliring dan Penjaminan

Fungsi kliring dan penjaminan dalam transaksi saham dilakukan oleh PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (PT. KPEI)

5. Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian

Fungsi penyimpanan yang aman dan terpisah saat ini dilakukan oleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT. KSEI). Sehingga jangan khawatir ya untuk transaksi saham karena sudah ada institusi-institusi yang fokus mengurus semua transaksi yang ada di pasar modal.

Kalau udah ada pasar, ada pelaku, ada pengawas, barang apa saja ya yang ada di pasar modal?

Jenis Surat Berharga Yang Ada di Pasar Modal

Ibarat barang dagangan, di pasar modal terdapat berbagai jenis surat berharga yang diperdagangkan seperti:

1. Saham

Surat berharga satu ini merupakan bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan. Investor yang memiliki saham di sebuah perusahaan berhak mendapatkan keuntungan berasal dari capital gain ataupun dividen.

2. Obligasi

Tidak hanya surat berharga bukti kepemilikan perusahaan, kamu juga bisa mendapatkan surat berharga berupa surat utang atau obligasi perusahaan serta negara di pasar modal. Pemegang surat ini memiliki hak untuk memperoleh bunga (kupon) serta pelunasan utang pada jangka yang telah ditentukan sejak awal pembelian obligasi. 

3. Reksa Dana

Reksadana dikenal sebagai instrumen investasi atau produk yang menjadi wadah untuk pengumpulan serta pengelolaan dana beberapa investor retail maupun institusi dengan minimal total 25 milyar menjadi satu. Kemudian dana yang sudah terkumpul tersebut dikelola oleh manajer investasi dipecah ke beberapa instrumen, seperti pasar uang (deposito), obligasi, saham, atau efek lainnya. 

4. Exchange Traded Fund (ETF)

Nggak jauh beda dengan reksa dana, surat berharga yang satu ini sebenarnnya sama-sama dikumpulkan secara kolektif menjadi satu dan kemudian bisa diperdagangkan layaknya saham. 

5. Derivatif

Derivatif merupakan kontrak atau perjanjian yang nilai keuntungannya terkait dengan kinerja aset lain. Aset lain ini disebut sebagai underlying assets. Derivatif yang terdapat di Bursa Efek adalah derivatif keuangan (financial derivative). Derivatif keuangan merupakan instrumen derivatif, di mana variabel-variabel yang mendasarinya adalah instrumen-instrumen keuangan, yang dapat berupa saham, obligasi, indeks saham, indeks obligasi, mata uang (currency), tingkat suku bunga dan instrumen-instrumen keuangan lainnya.

Berbagai penjelasan diatas semoga dapat menjawab pertanyaanmu mengenai pengertian pasar modal dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat!