Seberapa Penting Peran Mentor dalam Mewujudkan Impian?

Sumber: http://blogs.nature.com

Setiap orang pasti punya impian dalam hidupnya masing-masing. Beragam orang begitu juga beragam impian yang dimiliki. Perlu diingat dalam mewujudkan impian menjadi seuah kenyataan tentu saja gak mudah.

Berbicara mewujudkan impian, setiap orang pasti punya ceritanya masing-masing dalam proses perjalananya. Ada yang dengan cepat bisa mewujudkannya dan ada yang butuh waktu hingga tahunan.

Sepanjang perjalanan hidupku selama ini, kenyataannya merealisasikan apa yang kita impikan memang bener-bener gak mudah selalu banyak halangan dan rintangan yang datang. Jadi kenapa butuh mentor? Ya karena banyaknya rintangan dalam proses menggapai impian butuh sosok yang lebih berpengalaman untuk dapat memberikan masukan agar proses mewujudkan impian gak berhenti ditengah jalan.

Lantas ketika sudah punya mentor apakah semua impian akan tercapai? Ya tentu saja tidak.

Mentor hanya memberikan masukan-masukan kepada mentee nya (sebutan bagi orang yang sedang dibimbing oleh mentornya) apa saja yang harus dilakukan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya selama ini. Jadi perlu ditekankan bahwa mentor hanya sebatas kasih masukan lalu realisasinya tetap kembali lagi kepada si mentee itu sendiri.

Sumber: http://dennysantoso.com

Apakah setiap orang wajib memiliki mentor?

Jika berbicara kewajiban maka tentu saja disesuaikan kepada diri pribadi masing-masing karena gak semua orang butuh mentor bahkan banyak juga yang bisa sukses mewujudkan impiannya tanpa butuh bantuan mentor.

Dari diriku pribadi, aku selalu menganggap bahwa mentor adalah sebagai teman/partner terbaik perjalananku mengejar impian. Peran mentor selama ini sangat membantu dalam memberikan arahan biasanya setiap punya impian aku selalu konsultasi kepada mentor-mentorku bagaimana cara mewujudkannya dan meminta untuk memberikan masukan ketika menghadapi problem dalam proses mencapai impian itu.

Contoh kisah antara mentor dan mentee seperti salah satu investor legendaris didunia yang bernama Warren Buffett. Pada usia muda Buffett memiliki mentor didunia investasi yang bernama Benjamin Graham. Ilmu-ilmu yang dimiliki Graham diturunkan kepada Buffett agar dapat memahami investasi saham lebih mendalam hingga pada akhirnya Buffett menjadi investor sukses no satu didunia hingga saat ini.

Seperti itulah contoh pentingnya memiliki mentor dalam mewujudkan impian. Graham memberikan masukan-masukan kepada Buffett hingga menjadi investor yang benar-benar sukses. Jika seandainya tanpa ajaran dari Graham maka belum tentu Buffett bisa sukses seperti saat ini. Peran mentor memang sangat berpengaruh pada cerita diatas.

Mentor diibaratkan sebagai seorang pelatih. Selalu melatih mentee nya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman selama ini hingga sukses dibidang yang digeluti.

Lalu bagaimana cara mencari mentor?

Perlu dipahami bahwa jika kita ingin mencari mentor diri kita lah yang aktif mencari bukan berharap tiba-tiba ada mentor yang datang kepada kita lalu menawarkan diri untuk memberikan arahan-arahan. Ada banyak sekali caranya seperti aktif dalam banyak kegiatan, berkenalan dengan banyak orang hingga datang langsung kepada orang yang kita inginkan menjadi mentor sambil mengatakan tujuan.

Prosesnya pun gak bisa sebentar butuh waktu juga untuk mendapatkan mentor sesuai apa yang kita inginkan dan sejalan dengan visi misi pribadi. Misal, aku memiliki impian menjadi orang yang expert didunia keuangan tentu saja aku akan mencari orang-orang yang sudah senior dan memiliki jam terbang yang tinggi di industri keuangan untuk meminta mereka menjadi mentorku.

Setiap orang sukses yang aku jumpai selama ini selalu mengaku bahwa memiliki mentor adalah bagian dalam perjalanannya mencapai kesuksesan. Apakah kamu juga sudah memiliki mentor?

Yuk berbagi cerita di kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *