4 Cara Mencari Passion yang Wajib Dicoba agar Hidupmu Lebih Bermakna

Menjelang akhir tahun, kebanyakan orang melakukan evaluasi diri atas pencapaiannya sepanjang tahun ini. Banyak ragam reaksi ada yang sangat puas dalam pencapaiannya atau sebaliknya sambil mengeluh “kok hidupku gini-gini aja ya setahun ini?”.

Kamu termasuk yang mana?

Kalau ngomongin evaluasi diri gak bisa jauh jauh dari apa tujuan hidup kedepannya. Apakah setahun terakhir segala aktifitas mu sudah membuat semakin dekat kepada tujuan atau malah semakin jauh?

Nah, kalau ngomongin tujuan hidup gak bakal bisa jauh-jauh dari yang namanya passion. Kalau menurutku passion adalah suatu minat besar terhadap suatu bidang (apapun bidangnya) yang menjadi bahan bakar semangat untuk mengejar dan mewujudkan impian/tujuan hidup.

Lalu kemudian kamu bakal bertanya. “Cara mencari passion itu gimana sih?”

Ada beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk menemukan “bahan bakar” mu itu berdasarkan pengalamanku selama ini.

1. Mengenali diri sendiri.

Percaya atau tidak, sampai saat ini termasuk aku sendiri masih belum bisa mengenali diri sendiri dengan baik. Padahal mengenal diri sendiri adalah pintu gerbang utama untuk mencari passion itu. Kok bisa?

Tentu saja. Karena dengan mengenali diri sendiri kamu bakal lebih tau apa tujuan hidupmu dan bidang apa yang ingin kamu geluti. Untuk dapat jauh mengenali diri sendiri sempat aku bahas disini dengan analisis SWOT.

Hal yang paling sederhana adalah kamu bisa bertanya kepada diri sendiri aktifitas apa saja yang membuat mu terasa bersemangat, bergairah dan membuatmu betah untuk menjalaninya tanpa harus dibayar. Dari situ kamu bakal liat seberapa semangat mu untuk terus menjalaninya dan merasa sangat enjoy.

Entah itu aktifitas menulis, membaca, olahraga atau lainnya. Yang penting bawaannya selalu happy!

2. Perbanyak baca buku pengembangan diri

Selain kenali diri sendiri, pengalamanku mecari passion adalah memulai perbanyak membaca buku. Terutama buku-buku yang fokus pada pengembangan diri.

Perlu diingat, buku yang dibaca gak akan pasti memberikan solusi kepadamu untuk menemukan passion karena apa yang ada dibuku biasanya hanyalah step by step apa yang harus dilakukan untuk menemukan passion. Jadi lebih membentuk pola pikir yang terstruktur dengan membaca buku.

3. Gunakan internet dan media sosial

Kenali diri sendiri udah, baca buku udah, lalu apa?

Biasanya itu saja kurang cukup. Karena kebanyakan orang butuh waktu untuk bener-bener percaya dan merasa passionate dalam suatu bidang.

Coba kamu mulai baca-baca blog seperti www.jamilazzaini.com, www.deddydahlan.com atau nonton beragam channel di youtube yang membahas langkah-langkah mencari passion. Banyak kok orang yang mau berbagi cerita perjalanannya mencari passion di era digital seperti ini.

Dengan belajar dari pengalaman orang maka akan memberikan banyak insight dan keyakinan kepada diri sendiri sampai kamu bakal ngomong “ini nih passion ku yang aku banget deh pokoknya”.

4. Mencari role model

Untuk mencari passion biasanya orang akan mencari sosok yang udah expert dan lebih lama dalam menjalankan passion yang sesuai dengan kita inginkan. Setidaknya memberikan ketenangan pada diri sendiri “kalau dia bisa sukses dengan passion yang sama denganku, kenapa aku tidak bisa lebih sukses dari dia?”

Selain tiga cara diatas yang udah dijabarkan, cara ini juga sangat penting. Role model yang diinginkan bisa dari orang tua, keluarga terdekat atau bahkan idola. Jika udah punya role model yang bisa kita ajak untuk berdiskusi akan memudahkan untuk proses mentoring guna menggali passion yang dicari.

Perlu diingat, role model bukan jaminan kamu akan lebih mudah mencari passion tetapi setidaknya role model sudah memiliki hal-hal yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan di masa depan dan memberikan saran-saran terbaiknya untuk memberikan masukan kepada kita apa saja yang harus kita laksanakan.

Itu saja cara-cara yang dapat kamu ikuti untuk menemukan passion berdasarkan pengalamanku selama ini.. Yakin deh dengan kamu udah menemukan passion dalam hidupmu akan jauh lebih fokus dan selalu bersemangat mengejar impian.

Semoga apa yang aku bagikan pada tulisan kali ini dapat bermanfaat.

Salam 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *