Memulai tahun baru kurang greget kalau nggak ngomongin resolusi. Apalagi resolusi blog tahun 2020 ini. Betul atau betul? Walau cuma banyakan wacana daripada fakta ya hehe..

Tahun 2020 berarti memasuki tahun ke 7 saya memulai hobi menulis sejak masih mahasiswa. Alasannya simpel, biar kayak para financial planner yang saat itu keren-keren membagikan ilmunya melalui blog.

Perjalanannya naik turun dan masih nggak konsisten hingga saat ini. Emang, konsisten itu susah dan masih harus banyak belajar juga.

Baca Juga : Tips Memilih Pinjaman Online Aman

Agar kembali konsisten, saya memulai tahun baru ini dengan tulisan resolusi mengenai blog apa yang ingin diwujudkan serta detailnya. Jadi, apa saja resolusi blog tahun 2020?

Konsisten Menulis

Seperti yang saya katakan sebelumnya, konsisten itu susah. Di tahun ini saya ingin memulai untuk komitmen dalam menulis satu minggu satu kali. Resolusi ini akan bertujuan untuk membuat saya konsisten dan fokus mengerjakan satu hal.

Maklum, era digital membuat kita mengerjakan hal-hal lain karena gampang tergiur godaan sana sini. Jadi detailnya saya akan bagi dalam 4 waktu yaitu Q1-Q4 2020. Biar nggak kejauhan target yang dibuat.

Q1 menulis 6 tulisan

Q2 menulis 8 tulisan

Q3 menulis 10 tulisan

Q4 menulis 12 tulisan

Waktu terdekat saat ini adalah Q1, apakah saya bisa menulis hingga 6 tulisan dalam 3 bulan dengan asumsi 2 minggu sekali ada tulisan? Let’s see ya…

Menaikkan Jumlah Visitor per Bulan

Sejak punya domain sendiri, sepertinya blog ini ala kadarnya. Pengunjungnya juga beragam tetapi lebih banyak dapat spam komen dari orang luar hehe…

Biar blog nggak cuma gitu-gitu doang, saya ingin menaikkan jumlah visitor per bulan. Saat ini, jumlah visitor per bulan berada di angka kurang lebih 5 ribu. Tahun ini saya punya target yang lebih detail per bulan sebesar

Q1 target 6.500 visitor

Q2 target 8.000 visitor

Q3 target 9.500 visitor

Q4 target 10.000 visitor

Jadi, akhir tahun ini diharapkan bisa mengalami kenaikan sebesar 100% dari jumlah visitor biasanya. Apakah memungkinkan?

Pendapatan dari Blog

Resolusi yang terakhir saya ingin blog ini menjadi sumber pendapatan yang lain diluar gaji. Ada banyak caranya seperti memasang iklan, content placement, pesanan tulisan dan lain sebagainya.

Akhir-akhir ini saya melihat peluang yang menghasilkan untuk saya gali lebih dalam seputar blog ini. Jika tidak dimanfaatkan akan sayang sekali bukan?

Nah, ada beberapa target yang saya set untuk resolusi ini dari berbagai cara mendapatkan penghasilan

Q1 penghasilan blog 500 ribu

Q2 penghasilan blog menjadi 750 ribu 

Q3 penghasilan blog menjadi 1 juta

Q4 penghasilan blog menjadi 1,5 juta

Terkesan memaksakan? enggak kok. itu cuma sebagai target apakah seberapa besar pemasukan yang saya dapatkan dari blog ini.

Kualitas konten tetap paling utama. Ini hanya sebagai pemanis saja.

Itu aja 3 resolusi blog di tahun 2020. Nggak kebanyakan resolusi nanti cuma wacana. Yang jelas setiap kuartal berakhir, saya akan membuat analisis dan review perjalanan blog ini.

Buat kamu yang sedang menyusun resolusi juga, yuk sama-sama diwujudkan. Kamu bisa share juga di kolom komentar resolusi mu tahun ini.