Tahun 2019 diawali dengan kabar baik buat sebagian orang yang selalu bertanya tentang produk investasi yang terjangkau bagi seorang pemula. Nah kebetulan banget bulan Januari pemerintah mengeluarkan SBR-005. Lalu sebagian dari kalian akan mulai bertanya-tanya dalam hati sambil mencoba menerka “emang apa itu SBR-005? Makhluk macam apa itu?”

Jadi…. SBR itu merupakan singkatan dari Saving Bond Retail yang merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia oleh Pemerintah sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

Masih belum paham?

Oke sederhananya begini…. Pemerintah mau meminjam uang dari masyarakatnya sendiri. Buat apa? Ya buat membiayai kebutuhan anggaran pemerintah seperti menutup defisit APBN. Tenang aja, uang yang kamu pinjamkan diawal kepada pemerintah akan dikembalikan penuh di akhir periode pinjaman dan mendapatkan tambahan bunga nya.

Asyik kan? Tentu saja apalagi yang ngeluarin produk ini adalah langsung dari pemerintah kita sendiri. Jadi kita gak perlu was-was takut uangnya dibawa kabur. Karena ini 100% asli bukan kaleng-kaleng hehehe 😀

Sejauh ini udah paham belum?

Lalu kamu mulai tertarik untuk mencoba investasi ini karena sangat terjangkau. Berapa nominal dana yang perlu disiapkan? hanya dengan minimal pembelian sebesar 1 juta dan maksimal 3 milyar per orang. Kabar baiknya ini bisa dipesan lewat online loh cocok bagi para millennial yang doyan transaksi online dan mager kemana-mana.

Gimana bunganya? Tenang saja, dengan tingkat resiko yang nyaris 0, return yang ditawarkan untuk SBR-005 ini sebesar 8,15% per tahun. Tapi jangan lupa, tingkat suku bunganya bisa berubah-rubah loh. Acuan yang digunakan yaitu dengan tingkat suku bungannya 7DRRR dengan sistem kupon mengambang (akan dijelaskan lebih detail di tulisan selanjutnya) yang menjadi benchmark.

Dari tabel diatas kita dapat lihat kalau SBR-005 yang ditawarkan kali ini memiliki bunga cukup kompetitif jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tapi perlu diingat ya bunganya yang tertera diatas belum termasuk dipotong pajak (15%) karena SBR termasuk salah satu objek pajak.

Sehingga bunga nett yang diterima oleh pihak peminjam sebesar 6,92% per tahun. karena menawarkan waktu pengembalian uang maksimal pada tahun ke 2 jadi jatuh tempo pengembalian uang yang dipinjamkan ke pemerintah yaitu tahun 2021.

Udah mulai tertarik untuk investasi?

Bisa langsung kamu realisasikan dengan membeli SBR melalui 11 mitra distribusi yang sudah resmi bekerja sama dengan kemenkeu terdiri dari bank-bank BUMN, sekuritas dan startup fintech yang daftarnya dapat kamu lihat disini

Sumber:
sikapiuangmu.ojk.go.id

Yuk dukung negara mu sendiri dengan berinvestasi melalui SBR ya. Oya ada berita baik juga karena tahun 2019 ini pemerintah menjadwalkan penerbitan obligasi ritel melalui 10 penawaran yaitu 4 kali SBR (maka kedepannya akan ada seri 006 dst), 4 kali Sukuk Tabungan, 1 kali obligasi ritel Indonesia dan 1 kali sukuk ritel. Menarik bukan?

Perlu kamu ketahui juga, SBR-005 ini cocok sebagai investasi jangka menengah untuk persiapan biaya liburan, dana darurat atau lainnya. Silahkan tulis di kolom komentar ya apakah kamu udah mulai investasi di SBR ini atau masih ragu-ragu 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *