Sumber: pixabay.com

Seperti pada umumnya membuat resolusi menjadi trend di akhir tahun yang dilakoni oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Dengan mengusung tagline “New Year, New Me” yang selalu dikumandangkan oleh sebagian besar orang-orang disosial media menjadi sebuah harapan baru untuk menjadi lebih baik pada tahun depan.

Pada intinya resolusi merupakan pernyataan yang diucapkan oleh seseorang kepada dirinya sendiri sesuai dengan keinginannya. Dari yang ingin lebih turun berat badan, punya pasangan ataupun berbagai macam keinginan personal masing-masing orang.

Dari sebagian orang-orang tersebut, salah satunya adalah diriku sendiri. Memiliki resolusi menjadi sebuah bentuk komitmen untuk bertanggung jawab pada tujuan dalam jangka pendek setahun kedepan apa saja yang akan aku kerjakan. Harapannya dengan membuat resolusi ini membuatku lebih fokus pada tujuan.

Ada dua poin fokus utamaku dalam selama setahun kedepan yaitu:

1. Lebih banyak berkarya

Sumber: pixabay.com

Melatih dan mengasah skill menulis adalah menjadi fokus utama ku dalam setahun kedepan. Dengan begitu dapat memudahkanku untuk terus berkarya.

Memang, berkarya dapat dilakukan dalam bentuk apapun. Tetapi untuk saat ini yang paling memungkinkan dapat aku lakukan adalah dengan menulis. Salah satu caraku untuk terus tetap konsisten dalam membangun impian di masa depan.

Lalu bagaimana cara mewujudkannya?

Salah satu hal yang paling sederhana adalah untuk tetap konsisten menulis dengan media blog ini terlebih dahulu. Blog ini menjadi media tempat pembelajaranku dalam proses menulis sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Kedepannya tulisanku akan berfokus membahas keuangan sesuai dengan passionku selama ini agar blog ini semakin bermanfaat dan mencerahkan bagi para pembacanya.

Selain blog, tujuan ku yang lain dalam setahun kedepan adalah dapat berkarya dengan menuliskan sebuah buku. Ini merupakan impian sejak mahasiswa yang belum kesampaian hingga saat ini.

Kenapa ingin menulis buku?

Dengan menulis buku tentu saja aku ingin segala pemikiran dan pengalamanku lebih dapat bermanfaat dibaca oleh semua kalangan. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk menggali pengalaman baru.

Semoga di tahun 2019 dapat merealisasikan salah satu impian besar ku tersebut. Mohon doanya 😊

2. Membangun daya resiliensi

Sumber: pixabay.com

Berkaca pada apa yang sudah terjadi selama tahun 2018, lebih banyak impian ku yang terlewat begitu saja hanya karena aku memiliki satu kekurangan besar dalam hidupku yaitu kurangnya daya resiliensi.

Apa itu daya resiliensi?

Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar istilah tersebut. Daya resiliensi adalah daya juang, ketekunan, kegigihan dalam mencapai sebuah tujuan. Banyak pakar psikologi menyatakan bahwa daya resiliensi adalah salah satu faktor fundamental  mencapai kesuksesan dalam menjalani kehidupan.

Emang bisa ya?

Tentu saja bisa. Dengan memiliki daya resiliensi pada diri sendiri akan membuat kita lebih kuat dan tahan banting untuk menghadapi kondisi tersulit sekalipun dalam proses menggapai impian.

Faktanya dalam proses mewujudkan impian kita sering dihadapi oleh pilihan-pilihan sulit sehingga banyak orang belum tentu dapat mewujudkan impiannya saat itu lah daya resiliensi setiap orang diuji. Jujur saja, aku pun masih sangat kurang memiliki daya juag tersebut.

Maka dari itu lah, mengasah daya resiliensi ku menjadi fokus utama ku juga untuk pengembangan diri ku selama tahun 2019.

Mungkin dua itu saja yang dapat aku bagikan kepada para pembaca. Intinya apapun resolusi mu yakinlah akan terwujud yang penting buat resolusi maksimal tiga saja agar lebih fokus dalam merealisasikannya.

Semoga yang aku sampaikan dapat bermanfaat.

Apa resolusi tahun 2019 mu? Yuk tulis dikolom komentar agar kita saling mendoakan yang terbaik 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *