#NotesFromCEO-01: Menyambut Era Revolusi Industri 4.0

Sumber : www.pexels.com

Demi terus mengasah skill dalam bidang menulis, mulai sekarang dan seterusnya blog pribadi ini akan juga membahas hal-hal diluar pasar modal seperti biasanya. Salah satunya adalah dengan membuat topik baru yang saya beri hashtag #NotesFromCEO.

Apa makna dari #NotesFromCEO?

#NotesFromCEO ini merupakan sebuah topik baru yang dimana saya akan menulis semua pengalaman yang saya dapatkan bersama CEO tempat saya bekerja saat ini yaitu Muhammad Assad, saat melakukan perjalanan bersama beliau dan dapat saya bagikan kepara pembaca blog ini. Sebenarnya topik ini terinspirasi dari buku nasional best seller yang pernah beliau tulis beberapa tahun lalu yang berjudul Notes From Qatar.

Sumber : Dokumen Pribadi

Catatan ini dimulai dari perjalanan kami seminggu yang lalu. Saya bersama Mas Assad (panggilan akrab saya ke beliau) mendapatkan kesempatan untuk hadir pada acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan. Acara ini bertemakan Capacity Building yang rutin diselenggarakan oleh kemenkeu setiap tahunnya. Pada acara ini Mas Assad diundang sebagai pembicara pada sesi motivasi untuk para pegawai kemenkeu sekitar 70 orang.

Lokasi acara berada di Jeep Station Indonesia yang berada di daerah Megamendung, Bogor. Perjalanan ini kami tempuh selama 1,5 jam dan tiba disana kami langsung disambut oleh teman-teman panitia. Selang setengah jam kemudian, Mas Assad sebagai pembicara utama dalam sesi motivasi menyampaikan isi materi selama kurang lebih 1,5 jam dihadapan para peserta acara.

Selama seminar berlangsung ada insight baru yang membuat saya tertarik untuk dibahas pada tulisan kali ini. Apa saja itu? Mari kita bahas bersama.

Sumber: www.yuswohady.com

Revolusi Industri 4.0. Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Revolusi Industri 4.0 adalah revolusi generasi keempat dalam revolusi industri yang ditandai dengan disruptive technology dengan kemunculan big data, IoT (Internet of Thing) , printer 3D dll. Semua ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin lebih modern dibandingkan dengan revolusi generasi sebelum sebelumnya.

Perkembangan teknologi yang sudah tidak dapat dihentikan ini menjadikan peluang sekaligus ancaman untuk sumber daya manusia (SDM) saat ini. Kemunculan robot-robot pekerja yang akan membuat proses suatu bisnis lebih cepat dan mudah menjadikan alternatif pengganti SDM di masa depan. Dengan dukungan kecanggihan jaringan internet saat ini menjadi tidak mungkin suatu saat pekerja dalam satu pabrik akan digantikan oleh robot-robot canggih yang bekerja lebih cepat dan efisien.

Kemajuan teknologi juga menjadi sebuah ancaman kedepannya dengan isu terbesar saat ini adalah akan tergantinya SDM dengan robot-robot tersebut. Tentu saja, ini menjadi ancaman yang serius dikarenakan akan meningkatkan jumlah pengagguran dimasa depan akibat perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendung lagi saat ini.

Bagaimana cara menyikapinya?

Ada yang menarik dalam sesi motivasi yang disampaikan Mas Assad ini. Beliau tidak hanya menyampaikan cara untuk menghadapi revolusi industri ini saja tetapi beliau memberikan pesan 3P untuk semua peserta acara bisa sukses dalam hidup.

Konsep 3P ini sempat beliau tulis di buku nya yang berjudul Notes From Qatar 1. 3P merupakan singkatan dari Positive, Persistance, Pray. Tiga konsep dasar dalam hidup yang layak dijalankan oleh semua orang untuk mencpai kesuksesan tidak hanya untuk menghadapi era revolusi industri saja tetapi untuk seumur hidup. Dengan memiliki sikap positif, selalu berikhtiar dan dibantu dengan kekuatan doa maka segala yang akan selalu diberikan kemudahan menjalaninya oleh Allah SWT.

Nah, demikian catatan yang dapat saya tuliskan pada postingan kali ini. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat 🙂

2 thoughts on “#NotesFromCEO-01: Menyambut Era Revolusi Industri 4.0

    1. Halo Mas Sarif,

      Terimakasih atas komentarnya. Domisili dimanakah saat ini? Jika di jabodetabek mari kita agendakan ngopi bareng 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *