Kinerja Portofolio Investasi Maret 2018

Bulan Maret menjadi bulan ke tiga dalam perjalanan membangun Hedge Fund DF Investama. Pada bulan ini juga portofolio investasi mulai diuji dengan reaksi market yang mengalami penurunan cukup signifikan setelah IHSG mengalami kenaikan terus menerus selama tahun 2017. Lalu apa penyebab koreksi ini? Bagaimana kinerja saham-saham yang ada dalam portofolio?

Terlihat dari gambar diatas, IHSG sempat menyentuh high all the time di level 6689 pada tanggal 19 Februari sebelum akhirnya mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga akhir Maret di level 6188. Sepanjang bulan Maret saja IHSG mengalami penurunan sebesar 6,75%. Koreksi yang terjadi sempat membuat banyak harga saham mengalami penurunan yang cukup dalam.

Kenapa market bisa mengalami koreksi?

Perang dagang antara Amerika dan Cina mulai memanas. Perang dagang tersebut membuat banyak investor mulai khawatir terhadap perkembangan ekonomi global sehingga terlihat dari banyaknya bursa-bursa saham luar negeri mengalami penurunan tak terlepas Indonesia juga terkena imbasnya.

Selain itu masih terdapat sentimen negatif yaitu kenaikan suku bunga The Fed dikisaran 1,5% dan 1,75%. Bank Indonesia pun mengambil sikap untuk tetap mempertahankan suku bunga pada level 4,25% sehingga arus keluar dana asing pun tak dapat dibendung lagi.

Jika dilihat selama bulan maret return month to month DF Investama masih mencatatkan kinerja yang lebih baik diatas penurunan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) walaupun mengalami minus sebesar (4,4%) sedangkan ISSI mengalami penurunan sebesar (7,65%)

Sharia Investment Portfolio (1 April 2018)

Investment by Sector % Asset
Mining 56,5%
Transportation 15,4%
Telecomunication 14,2%
Property 13.7%

Selama bulan Maret, DF Investama menambah bobot pada sektor mining terbanyak jika dibandingkan sektor lainnya. Lalu jika dibandingkan dengan portofolio bulan Februari maka kami memutuskan untuk menjual semua kepemilikan pada sektor konstruksi dan mengalokasikan asset pada sektor property. Kami juga melakukan penurunan bobot di sektor telekomunikasi untuk mendapatkan cash yang berguna untuk menambahkan pada sektor Mining.

Jujur, bulan Maret merupakan bulan yang cukup berat bagi kami yang baru saja untuk memulai membangun Hedge Fund. Ditengah rumor negatif yang beredar, kami terus berusaha untuk mencari saham-saham yang memiliki fundamental yang kuat dan harganya sedang terdiskon. Itu semuapun tidak lah mudah dikarenakan faktor psikologis mulai benar-benar diuji dalam setiap pengambilan keputusan investasi.

Selama bulan maret pun kami tidak banyak melakukan pembelian saham baru hanya berfokus melakukan averaging down pada saham-saham yang masih ada di portofolio. Dengan bertambahnya amanah modal investasi DF Investama mengalami peningkatan hingga sebesar 250%. Dana segar tersebut terus kami hemat untuk terus berburu saham-saham yang menarik untuk kami investasikan.

Bagaimana perkembangan portofoliomu selama bulan Maret? Apakah ikut mengalami penurunan juga? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *