Kinerja Portofolio Investasi Januari 2018

Awal tahun selalu dikaitkan dengan momentum untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Termasuk saya, sebagai salah satu investor di pasar modal awal yang berkeinginan untuk bisa konsisten mengelola portofolio investasi menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Salah satu langkah awal untuk mewujudkannya adalah dengan fokus pada salah satu strategi investasi yang akan saya jalani kedepannya yaitu value investing. Dengan fokus pada satu strategi ini harapannya adalah saya bisa lebih mendalami dunia investasi dan tentu saja di akhir tahun nanti return portofolio saya bisa mengalahkan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) atau setidaknya sama.

Sumber: MNC Trade Syariah

Perlu diketahui, ISSI selama bulan januari 2018 terus mencetak rekor baru. Range pergerakan ISSI selama satu bulan berada di level terendah 187 dan tertinggi 199. Dengan kenaikan ISSI selama satu bulan ini tentu saja saya tidak ingin melewatkan momentum bullish ini.

Sehingga melalui DF Investama saya segera berburu saham-saham yang masih undervalue untuk saya investasikan sesuai dengan modal yang saya miliki. Dari banyak pertimbangan akhirnya saya memilih empat saham dari berbagai sektor yang berbeda.

DF Investama Portfolio (2 Januari – 31 Januari 2018)

Investment by Sector % Gain / Loss (unrealized) % Asset
Mining +25,41% 24,4%
Transportation +14.38% 19%
Telecomunication (-2.97%) 26.8%
Construction +20.30% 13.3%

Sumber : Data pribadi

Kenaikan return tersebut disebabkan kenaikan harga-harga komoditas saat ini dan berbagai sentimen positif dari berbagai sektor sehingga pasar modal mengalami kenaikan yang cukup signifikan hampir di semua sektor.

Melalui DF Investama, portofolio yang dibentuk dengan strategi value investing ini juga meperhatikan bisnis utama dari perusahaan yang akan diinvestasikan. Fokus utama DF Investama adalah membangun portofolio investasi dengan bisnis-bisnis perusahaan yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Selain mencatatkan kinerja diatas indeks selama bulan Januari, DF Investama juga mendapatkan amanah yang lebih besar sehingga terjadi peningkatan dana kelolaan investasi hingga 54%. Kedepannya saya akan mencoba untuk terus konsisten dalam mengelola portofolio DF Investama ini.

Bagaimana perkembangan portofoliomu selama bulan januari? Apakah jauh lebih unggul? Yuk share pengalaman di kolom komentar.

2 thoughts on “Kinerja Portofolio Investasi Januari 2018

  1. Nice.
    Saya juga share ah, salam kenal sebelumnya.
    Sampai Februari masih pegang sektor otomotif, konstruksi dan tambang.

    Tapi mulai dilepas sedikit demi sedikit bulan maret, karena IHSG goyang. Sambil nunggu bottom

    1. salam kenal juga mas. wah untuk sektor tambang nya sama nih sisanya beda hehehe. saya belum ada yang dilepas. sejauh ini menambah deposit dana tapi untuk beli sahamnya sambil cicil dikit2 dan nunggu bottom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *