Pelajaran dari Setahun Ngeblog, Apa Selanjutnya?

Tepat setahun berlalu, blog ini dibentuk. Sebenarnya udah sejak lama untuk memulai fokus menulis tapi ya kita semua juga tahu kalau kadang rencana sering tak berjalan dengan sempurna.

Dengan tekad bulat, blog ini resmi dibentuk pada Januari 2017. Pada saat itu saya hanya berpikir bagaimana caranya bisa tetap berkarya di dunia keuangan dan salah satu jalan paling sederhana adalah membuat tulisan-tulisan di website pribadi dengan pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama ini.

Bagi pembaca yang sempat pernah singgah sebentar ke blog ini mungkin sudah tahu bahwa blog ini memiliki niche utama dalah “Finance” sehingga 95% tulisan berisi segala hal tentang pasar modal, fintech hingga perencanaan keuangan. Membosankan? Berat? Mungkin iya.

Setelah berlalu selama setahun ada beberapa hal yang dapat saya pelajari dari ngeblog ini:

  1. Nulis itu susah

Bagi saya yang tidak terbiasa menulis (terakhir nulis juga pas skripsi an) apalagi dengan membahas segala hal terkait keuangan benar-benar menjadi tantangan utama tersendiri. Walaupun sesusah apapun pada akhirnya saya tetap terus berani mencoba. Terus terus terus… sampai gak kerasa sekitar 25 tulisan sudah saya buat selama setahun ini.

Tapi jujur, kadang merasa gak pede dengan tulisan sendiri. Selalu menganggap tulisan sendiri gak pernah bisa sempurna dan gak enak dibaca. Nah dari sini saya belajar sesusah apapun menulis yang penting berani memulai dan urusan enak dibaca atau enggak sekalipun pikirin aja nanti yang penting berani memulai.

  1. Konsisten itu susah

Awal tahun lalu saya membuat aturan terkait aktifitas ngeblog. Aturannya simple “Minimal ada satu tulisan di setiap bulan hingga akhir tahun”. Pada awalnya semua berjalan lancar tetapi semakin menuju akhir tahun bahkan cuma menulis satu artikel saja bener-bener terasa amat berat.

Dari melupakan tujuan awal ngeblog, kerjaan kantor makin banyak, aktifitas diluar juga semakin bertambah dan pada akhirnya saya melanggar aturan yang saya buat sendiri pada bulan November 2017. Bulan dimana saya mengalami penurunan drastis karena kehilangan semangat dalam ngeblog sehingga tak ada satupun artikel yang saya tulis.

Saya jadi belajar mengenai makna konsistensi sesungguhnya dan pengaplikasiannya benar-benar susah. Menjaga semangat terus berkobar dari tujuan awal hingga tujuan akhir sangat susah. Tetapi dari sini saya belajar hal sangat besar bahwa untuk mengejar impian yang lebih besar, konsistensi itu sangat diperlukan.

Lalu apa rencana kedepannya?

Setelah saya berpikir matang-matang dalam beberapa hari terakhir maka saya putuskan tetap untuk melanjutkan aktifitas blogging ini. Hanya saja kedepannya blog ini 100% akan fokus untuk membahas pasar modal dari sebelumnya masih kecampur untuk membahas fintech dan lain-lain. Kenapa? saya ingin blog ini menjadi teman perjalanan saya dalam berproses sampai kelak saya menjadi salah satu Investment Banker di Indonesia.

Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *