DF Investama : Langkah Baru dalam Mengejar Impian

Sumber : http://triviewcapital.com

Tak terasa perjalanan sepanjang tahun 2017 akan segera berakhir hanya dengan hitungan jam kita akan menorehkan perjalanan baru di tahun 2018 dengan segala perencanaan baru yang ingin diwujudkan. Sebelum beranjak ke tahun baru, ada salah satu hal yang ingin saya ceritakan kepada pembaca blog ini yang berkaitan dengan impian saya di masa depan.

Untuk sebagian orang yang sudah mengenal saya secara personal mungkin akan tahu bahwa tahun ini menjadi awal mula seorang pemuda yang memiliki impian yang besar dalam dunia keuangan bernama Diestra Perdana untuk berjuang mewujudkan impian tersebut. Salah satu usaha saya untuk mewujudkan impian di masa depan saya sebut dengan nama “DF Investama”.

Apa itu DF Investama? DF Investama merupakan kendaraan baru untuk lebih serius dalam mengarungi dunia investasi yang selama ini saya pelajari sejak mahasiswa. Selain itu DF investama saya juga menyebutnya sebagai sebuah amanah baru untuk memperkuat pundak saya dalam mengejar impian.

DF Investama dibentuk mulai bulan desember 2017 ini. Bahkan usianya pun belum genap satu bulan. Walaupun masih terlalu dini untuk menceritakannya tetapi bagi saya ini merupakan salah satu cara saya untuk benar-benar serius mendalami dunia pasar modal yang erat kaitannya dengan impian saya di masa depan.

Dengan menggunakan dana investasi yang jumlahnya sepuluh kali lebih besar dari dana investasi yang selama ini saya gunakan akan menjadi sebuah tantangan baru dalam hidup saya. Bahka saya punya impian suatu saat akan terus berkembang hingga kelak bisa menjadi sebuah kendaraan saya untuk menjadi kontributor dalam roda penggerak ekonomi Indonesia.

Portofolio Investasi

Sumber : Research Penulis

Pada bulan desember ini saya menggunakan sekitar 15% dari total dana untuk berinvestasi pada saham PT. Waskita Karya (Persero) Tbk dengan average price sebesar Rp 2.010. Hanya berselang beberapa hari kemudian harga tersebut merosot hingga menjadi Rp 1.900 sampai kemudian beberapa minggu kemudian harga saham tersebut melonjak naik hingga Rp 2.220 yang berarti secara persentase kenaikannya sebesar 10,44%.

Untuk alasan dan perhitungan saya dalam membeli saham tersebut akan saya pisahkan dalam postingan lainnya agar saya juga dapat belajar menulis research yang lebih komplit terhadap suatu keputusan dalam berinvestasi pada saham-saham yang listing di Bursa Efek Indonesia

Dari sini saya belajar bahwa jika ada kesempatan dalam membeli sebuah saham perusahaan dengan harga yang lebih murah saya harus lebih berani dalam membeli dengan jumlah dana investasi lebih besar lagi dengan catatan saya sudah benar-benar paham bagaimana risiko dan keadaan bisnis perusahaan. Ini menjadi salah satu penyesalan awal saya dalam perjalanan #DFinvestama kelak yang akan saya ceritakan setiap akhir bulan kedepannya.

Saya ingin perjalanan investasi ini menjadi sebuah arsip saya untuk memulai impian saya didunia investasi dan kedepannya akan lebih serius dengan menggunakan data-data yang lebih lengkap tidak hanya berupa tulisan begini saja. Tulisan ini terinspirasi dari blog http://www.longterm-investment.com yang konsisten dalam menuliskan perjalanan portofolio investasinya.

Anyway, selamat liburan dan selamat tahun baru 2018 bagi pembaca blog ini. Semoga semua resolusi-resolusi tahun 2017 sudah terlaksana dan dilanjutkan resolusi baru di tahun 2018!

2 thoughts on “DF Investama : Langkah Baru dalam Mengejar Impian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *