Nabung Saham Ala Nicky Hogan

Sumber: Dokumen Pribadi

Awal bulan September lalu, saya mendapatkan sebuah hadiah dari teman saya, Mas Fuddy Heruzady. Hadiah tersebut adalah buku yang berjudul “Yuk Nabung Saham, Selamat Datang Investor Indonesia”. Tentu saja saat saya mendapatkan buku itu –apalagi gratis- saya sangat gembira sekali.

Buku ini didapatkan saat acara launching buku yang dihadiri oleh penulis buku tersebut. Mungkin sebagai orang yang sudah terjun dalam dunia pasar modal tidak asing lagi dengan nama penulis yaitu Bapak Nicky Hogan. Beliau saat ini menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017.

Lalu seperti apakah buku tersebut? Apakah Menarik untuk dibaca???

Buku dengan ketebalan 126 halaman dan dibalut dengan warna merah maroon terlihat sangat menarik dan elegan. Dari beberapa buku yang bertemakan nabung saham, buku ini memiliki isi yang sangat berbeda dan menarik.

Mungkin sebagian orang berharap buku ini akan membahas bagaimana cara menanalisis dengan berbagai teknik untuk mendapatkan cuan yang besar, tapi ketika melihat dalamnya isi buku ini kamu harus siap-siap kecewa. Bahkan hingga halaman terakhir tidak dibahas satupun strategi investasi saham. Kalau begitu apa menariknya?

Nah, karena tidak membahas strategi apapun ini yang membuat saya semakin tertarik. Lantaran dalam buku ini Bapak Nicky Hogan ingin mengajak kita untuk mempelajari hakikat dasar dalam berinvestasi khususnya pasar modal.

Seperti yang tertulis dalam buku ini “Hakikat investasi adalah untuk mengamankan harta kekayaan kita, menjaga agar nilainya tetap utuh, memberikan imbal hasil yang minimal sebanding dengan tingkat inflasi yang setiap saat menggerogoti nilai kekayaan kita.”

Seperti yang pernah saya tuliskan disini mengenai tingkat inflasi yang sudah selayaknya kita waspadai. Sebelum berbicara jauh investasi apa yang menguntungkan kita juga harus jeli memilah-milah produk investasi apa yang dapat mengalahkan tingkat inflasi sebesar 5,5% dalam lima tahun terakhir.

Jika masih bingung investasi apa yang dapat mengalahkan tingkat inflasi, tentu saja investasi melalui pasar modal adalah jawabannya. Tetapi sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap investasi di pasar modal sangat rumit dan membutuhkan dana besar. Padahal enggak sama sekali!

Hingga saat ini masih banyak orang yang mengira bahwa ketika berinvestasi di saham harus memantau pergerakannya setiap jam, menit bahkan hingga detik. Seakan-akan hidup kita hanya dihabiskan untuk melihat pergerakan harga saham. Kenyataannya tidak begitu. Investasi saham adalah membeli bukti kepemilikan suatu perusahaan.

Disini kita memposisikan diri sebagai pemilik perusahaan. Menjadi pemilik perusahaan tentu saja tidak hanya dalam hitungan jam melainkan tahunan. Menjadi pemilik perusahaan juga harus memahami keadaan bisnis perusahaan kedepannya.

Untuk investor pemula belilah saham-saham perusahaan yang sudah terkenal produk dan jasanya. Pilih perusahaan yang sudah berdiri kokoh dan memiliki skala yang besar dalam jangkauan bisnisnya. Belilah saham dengan cara menabung setiap bulan sedikit demi sedikit hingga pada akhirnya bisa menjadi pasif income yang dapat memberikan keuntungan yang maksimal kepada pemegang saham.

Dalam buku ini kita juga diajak untuk berpikir sederhana kapan saatnya membeli saham dan kenapa  kita harus memulai saat ini tanpa harus memahami analisis yang begitu rumit. Secara keseluruhan saya sangat menyukai tulisan dari Bapak Nicky Hogan yang membuat cara berpikir investasi saham menjadi sederhana.

Buku ini layak kamu beli dan pahami apalagi untuk calon-calon investor yang masih mengalami kegalauan untuk memantapkan diri dan menjadi bagian dari investor pasar modal Indonesia.

 

Menjadi investor bukanlah suatu pilihan, menjadi investor adalah suatu kebutuhan – Nicky Hogan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *