Fin and Fun : Belajar Seru Perencanaan Keuangan Bersama Finansialku

Sumber: Tim Finansialku

Berbicara mengenai perencanaan keuangan mungkin akan membosankan untuk sebagian orang. Agar tidak membuat bosan, tim Finansialku mengemas acara yang bertema Fin and Fun Batch ke tiga menjadi lebih seru dan kreatif. Lalu seperti apa acara tersebut?

Acara yang diselenggarakan kali ini bertempat di Jakarta (biasanya diadakan di bandung). Karena kebetulan saya saat ini sudah bekerja di Jakarta, sehingga bagi saya ini adalah kesempatan pertama untuk belajar langsung dari tim Finansialku.

Pada tanggal 29 Juli 2017 acara diselenggarakan di Warunk Upnormal Grogol dimulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB. Kira-kira jumlah peserta yang hadir pada acara tersebut sekitar 10 orang dan bagi saya sangat menyenangkan tidak terlalu ramai sehingga akan lebih fokus untuk mengikuti acara.

Acara pun dimulai dengan sambutan oleh Pak Melvin selaku founder dan perwakilan dari tim Finansialku. Selesai memberikan sambutan acara, kami para peserta langsung dihadapkan oleh board game yang berguna untuk bermain dan belajar perencanaan keuangan sesuai dengan tema acara kali ini.

Sumber: www.needtosellmyhousefast.com

Saat melihat board game tersebut saya cukup bingung karena tidak pernah memainkan game tersebut selama ini. Saya baru tau juga ada permainan yang bernama Cash Flow Board Game yang dibuat oleh Robert T Kiyosaki (penulis buku Rich Dad, Poor Dad) Sekilas board game ini gak jauh beda dengan monopoli yang sering saya mainkan saat masa kecil.

Ternyata dugaan saya benar, cara bermain pun mirip dengan monopoli hanya ada aturan-aturan baru yang harus saya pelajari. Di awal permainan setiap peserta harus memilih satu kartu yang berisi profesi dan ringkasan perencanaan keuangan yang dibuat sesuai kebutuhan profesi. Setelah memilah milah saya memutuskan untuk mengambil kartu profesi sebagai pilot pesawat.

Sumber: Dokumen Pribadi

Gambar diatas adalah kartu utama saya untuk bermain dari awal hingga akhir permainan. Dapat dilihat terdapat rincian yang dipisahkan oleh kolom-kolom sesuai dengan pendapatan yang dihasilkan, biaya-biaya bulanan, jumlah asset, jumlah kewajiban hingga jumlah passive income yang dimiliki. Semua data keuangan yang tercatat disini selalu akan berubah-ubah mengikuti perintah yang kita dapatkan dari board game tersebut.

Ada aturan utama untuk bermain game ini. Dapat dilihat pada board game terdapat dua jalur yang terpisah untuk jalur pertama berbentuk lingkaran yang terdapat gambar tikus atau jalur yang diberi nama “Rat Race”. Rat Race disini menggambarkan aktifitas kehidupan sehari-hari dari mendapatkan gaji, membayar biaya-biaya yang tak terduga , kesempatan menambah passive income (bisnis, property, saham, reksa dana, obligasi) dan berbagai hal lainnya.

Diluar lingkaran Rat Race terdapat jalur yang lebih besar yang bernama Fast Track  khusus untuk pemain yang sudah memiliki laporan keuangan pribadi yang dimana porsi passive income yang dimiliki lebih besar daripada total expense. Sebenarnya tugas utama dalam permainan ini adalah bagaimana kita yang awalnya berada di Rat Race dapat pindah ke jalur Fast Track.

Permainan pun dimulai dan para peserta dibagi ke dalam dua kelompok dan dimana setiap kelompok berisikan hingga lima orang. Selama dua jam para peserta mulai saling melihatkan bagaimana pengambilan keputusan yang mereka lakukan sesuai dg strategi investasi yang dimiliki masing-masing individu, berapa banyak pengeluaran yang harus dibayarkan.

Saya cukup salut dengan kelompok saya dimana terdapat tiga orang (wanita semua) yang berhasil pindah dari Rat Race ke Fast Track. Sedangkan saya bersama teman saya yang sesama pria akhirnya tidak pernah berhasil keluar dari Rat Race tersebut hingga waktu permainan berakhir hahaha.

Sejujurnya permainan ini cukup menguras tenaga dan pikiran untuk saya karena selalu dihadapi oleh setiap keputusan keuangan apapun yang dimana kita harus memberikan keputusan yang tepat agar mendapatkan passive income yang lebih besar. Ini benar-benar menggambarkan kehidupan nyata dimana setiap orang harus memiliki tingkat literasi yang baik agar dapat memutuskan setiap keputusan keuangannya tepat dan arus kas penghasilan tidak pernah terganggu.

Ada beberapa kesimpulan yang saya dapatkan dalam permainan ini yaitu pertama, setiap orang wajib meningkatkan literasi terutama dibidang investasi agar semakin paham bagaimana cara mengelola dana investasi untuk dimasukkan ke instrumen yang tepat dan menghasilkan passive income yang besar. Kedua, setiap orang wajib memiliki laporan keuangan pribadi agar dapat dengan mudah memantau arus kas keuangan sehingga lebih tepat untuk mengambil keputusan kedepannya.

Itu lah beberapa hal yang saya dapat pelajari dari acara Fin and Fun yang diselenggaraakan oleh tim Finansialku. Buat kamu yang tertarik silahkan kunjungi website finansialku.com untuk memantau acara-acara yang seru lainnya.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *