Sekolah Pasar Modal : Cara Belajar Menjadi Investor di Era Millenial

Sumber: medan.tribunnews.com

Selama ini masih banyak orang yang ingin belajar investasi di pasar modal tetapi masih bingung harus memulainya dari mana. Padahal di era milenial seperti saat ini segala informasi sudah tersebar luas hanya tinggal “niat” yang dibutuhkan untuk mencari informasi tersebut.

Dari pengalaman pribadi saya yang pernah saya tuliskan disini salah satu cara untuk belajar investasi era milenial saat ini adalah dengan mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan oleh pihak Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebenarnya apa itu Sekolah Pasar Modal?

Karena mendengar kata “sekolah” mungkin banyak orang yang berpikir bahwa butuh waktu lama untuk ikut pelatihan ini dan rutin berkali-kali. Padahal enggak sama sekali.

Program yang diselenggarakan oleh BEI ini adalah salah satu pelatihan gratis yang berguna untuk memperkenalkan investasi kepada masyarakat awam. Pelatihan ini juga berguna untuk menarik banyak investor berinvestasi melalui pasar modal Indonesia.

Kenapa? karena sampai saat ini masyarakat Indonesia yang tercatat sebagai investor di pasar modal masih berkisar di angka satu juta orang yang berarti masih kurang dari satu persen total penduduk Indonesia saat ini.

Nah kebetulan karena saat ini saya bekerja di NH Korindo Sekuritas maka saya akan menceritakan secara singkat bagaimana dan apa itu SPM berdasarkan pengalaman pribadi.

Awal bulan Juli ini pihak Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan kantor saya untuk membantu mengedukasi kepada para peserta SPM. Jadi SPM ini akan selalu bekerja sama dengan berbagai sekuritas yang ada di Indonesia khususnya yang ada di Jakarta karena sekuritas merupakan pihak perantara perdagangan efek atau istilah dasarnya “broker saham”.

SPM diadakan dalam dua tingkatan yaitu level satu untuk para pemula yang belum mengerti sama sekali bagaimana investasi di pasar modal dan untuk level dua khusus untuk yang sudah menjadi investor dengan menunjukkan Single Investor Identification (SID) yang dimiliki. SID ini semacam ktp nya investor bentuknya pun kartu yang memiliki nomer-nomer yang terdaftar di KSEI.

SPM juga memiliki dua jenis yang berbeda. Ada SPM untuk umum, ada juga SPM khusus syariah ini berguna untuk pilihan investor mau belajar secara umum atau yang secara syariah.

Materi yang akan didapatkan oleh investor yaitu pengenalan pasar modal secara keseluruhan baik yang umum ataupun syariah, metode dalam analisis teknikal dasar dan metode dalam analisis fundamental dasar. Materi-materi ini akan berguna agar investor lebih memahami investasi secara baik dan benar bukan menjadi seorang spekulan di pasar modal.

Siapapun yang ingin tertarik untuk mengikuti SPM ini dapat mendaftar disini. Setelah mendaftar nanti para peserta akan membayar sebesar 100 ribu. Sebenarnya 100rb ini pun nanti akan di transfer ke account para calon investor sebagai deposit awal untuk transaksi investasi sehingga acara ini gratis (plus dapat snack, makan dan minum).

Sumber: dokumen pribadi

Gambar diatas merupakan suasana saat berlangsungnya SPM yang diadakan bersama oleh NH Korindo Sekuritas awal bulan ini. Sekitar 50 orang hadir dan belajar bersama untuk mendalami investasi di pasar modal.

Apakah kamu calon investor berikutnya?

3 thoughts on “Sekolah Pasar Modal : Cara Belajar Menjadi Investor di Era Millenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *