Tertarik Berinvestasi di Saham? 3 Langkah Awal Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak teman-teman yang saya kenal sering mengajukan pertanyaan serupa ketika berjumpa. “Dies, aku tertarik investasi saham nih tapi gimana cara memulainya?”.

Pertanyaan dasar tersebut hampir selalu ditanyakan setiap orang dari yang benar-benar tertarik ataupun yang hanya sekedar iseng saja.

Wajar saja, saat ini masih banyak orang yang belum memahami berbagai jenis investasi yang berhubungan dengan pasar modal terutama investasi saham itu sendiri. Mungkin karena masih banyak orang yang lebih nyaman berinvestasi dengan asset yang berwujud seperti tanah, properti dan lainnya.

Lalu bagaimana cara memulai berinvestasi di saham? Ada tiga langkah yang dapat diikuti sesuai dengan pengalaman saya selama ini :

  1. Mulai dengan membaca buku

Mau investasi kok baca buku? Apa hubungannya?. Mungkin sebagian orang akan berpikir demikian. Tetapi sesuai dengan pengalaman saya selama ini ketika berjumpa dengan calon-calon investor masih banyak yang memiliki pengetahuan terbatas terkait investasi saham itu sendiri.

Pengetahuan yang masih terbatas tetapi semangat mencari keuntungan yang luar biasa. Sayangnya dalam investasi saham banyak sekali yang menjadi pertimbangan gak melulu hanya berbicara mencari keuntungan tetapi juga meminimalisir risiko (semua investasi pasti ada untung dan ruginya).

Dengan membaca buku maka akan memberikan pemahaman dasar bagaimana berinvestasi saham dengan cara yang baik dan benar. Ibaratnya kalau mau bangun rumah, yang dibuat dulu adalah pondasi rumahnya. Jika pondasi udah dibangun kokoh maka baru mulai bagian-bagian rumah yang lain hingga rumah itu berdiri tegak dan kuat.

Ada beberapa buku yang dapat saya rekomendasikan untuk calon investor untuk mempelajari seluk beluk dunia investasi saham yaitu

  1. Ikut pelatihan atau seminar

Saat ini banyak sekali seminar atau pelatihan yang diadakan oleh berbagai pihak. Ada Sekolah Pasar Modal yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Basic Class Training yang diadakan oleh berbagai perusahaan sekuritas contohnya seperti NH Korindo Sekuritas. Rata-rata acara seperti ini diadakan gratis guna mengedukasi orang-orang yang masih awam.

Untuk mendapatkan informasi pelatihan dan seminar saat ini pun sangat mudah sekali hanya tinggal googling atau mencari informasi di berbagai kanal sosial media yang penting ada niat belajar dari calon investor untuk mengejar ilmunya bukan cuma diam tanpa aksi apapun.

Dengan mengikuti pelatihan dan seminar yang diadakan ini akan lebih mendalami pengetahuan yang sudah didapatkan dari membaca buku sebelumnya. Cara ini lebih efektif karena dengan ikut pelatihan maka para calon investor akan berkumpul pada satu forum yang sama untuk berdiskusi berbagai hal yang masih belum dipahami dan dapat ditanyakan langsung kepada trainer yang sudah berpengalaman.

  1. Langsung praktik

Kalau udah paham teori-teorinya cara paling ampuh adalah “terjun” langsung menjadi salah satu investor saham. Karena ilmu yang hanya dipahami dan dibaca saja tetapi tidak dipraktikkan maka tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lalu bagaimana cara untuk terjun menjadi investor? Kamu dapat mendatangi perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan proses opening account. Setelah serangkaian proses opening account selesai maka kamu dapat melakukan transaksi investasi saham.

Dengan cara itu maka pengetahuan dari hasil membaca buku dan ikut pelatihan yang digabung dengan praktik akan memberikan pemahaman yang baik dan benar untuk para calon investor agar menjauhi dari sifat suka berspekulasi dalam berinvestasi. Saya tidak pernah menyarankan seseorang untuk menjadi seorang spekulan di pasar saham hanya membuat investasinya tidak berkah dan stress.

Berperilakulah menjadi seorang investor yang dimana bertujuan untuk menaikkan asset yang dimiliki untuk dimasa yang akan datang. Fokus pada apa yang mau kamu beli atau jual bukan pada hal-hal yang bersifat sementara.

Beberapa langkah yang sudah saya jabarkan diatas semoga dapat membantu untuk para calon investor yang kebingungan apa yang harus dilakukan sebelum memulai berinvestasi di saham.

Jika ada yang masih belum jelas dan bingung silahkan berdiskusi di kolom komentar dibawah ini 🙂

4 thoughts on “Tertarik Berinvestasi di Saham? 3 Langkah Awal Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *