Cari Investasi Sesuai dengan Prinsip Syariah? Produk Baru dari Bukareksa ini Dapat Menjadi Alternatif Pilihanmu!

Bulan lalu telah hadir produk baru yang menambah daftar reksa dana yang dapat dibeli melalui fitur bukareksa yang dimiliki oleh bukalapak. Kesuksesan penyerapan produk reksa dana sebelumnya menambah optimis pihak Bukalapak dan Bareksa untuk mengeluarkan berbagai jenis produk baru yang dapat menambah jumlah investor. Produk kali ini hasil kerjasama antara pihak Bareksa, Mandiri Manajemen Investasi dan Bukalapak.

Produk investasi reksa dana yang diberi nama Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang ini memiliki perbedaan dengan produk reksa dana yang telah diluncurkan pertama kali pada fitur bukareksa.

Lalu apa perbedaannya?

Reksa dana ini pada dasarnya tidak jauh beda dengan reksa dana yang dikeluarkan oleh pihak CIMB Pricipal Asset Management sebelumnya. Hanya saja reksa dana yang dikelola oleh Mandiri Manajemen Investasi ini menggunakan prinsip syariah dalam pengelolaan dananya.

Investor yang ingin menerapkan prinsip syariah pada produk investasinya akan dapat menghindari dari unsur riba dan unsur lain yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Pengelolaan reksa dana syariah sebelumnya sudah diatur oleh MUI melalui fatwa No. 20 /DSN-MUI/IV/2001 yang dapat kamu download disini. Dalam fatwa tersebut sudah dijelaskan secara rinci bagaimana konsep dalam pengelolaan reksa dana khususnya pada reksa dana syariah.

Salah satu hal yang membedakan reksa dana konvensional dan reksa dana syariah adalah pada penempatan dana yang terkumpul akan diinvestasikan kembali ke produk konvensional atau syariah.

Sebagai contoh diatas merupakan produk reksa dana syariah dan dana yang terkumpul di investasikan kembali ke produk deposito dari bank-bank syariah yang tercantum pada fund fact sheet yang dapat didownload sebelum melakukan pembelian di bukareksa.

Menurut saya, dengan Bukareksa mengeluarkan produk jenis syariah ini akan menambah banyak investor yang mulai melirik untuk alternatif investasi yang sesuai dengan prinsip syariah.

Untuk return yang didapatkan dari produk jenis ini memang tidak terlalu besar. Berkisar antara 6-8% per tahun (rata-rata) dan tergantung dari kinerja portofolio investasi yang ada di produk tersebut. Tetapi sudah sangat bagus karena tidak dipotong pajak dan biaya bulanan serta tidak ada biaya pembelian ataupun penjualan.

Kedepannya saya yakin akan lebih banyak jenis produk reksa dana yang tersedia di fitur Bukareksa dari jenis pasar uang hingga saham. Dalam tahap awal ini, langkah Bukareksa sangat bagus untuk menyerap investor baru dari pengunjung Bukalapak.

Jadi apakah kamu tertarik untuk berinvestasi pada produk baru ini?

2 thoughts on “Cari Investasi Sesuai dengan Prinsip Syariah? Produk Baru dari Bukareksa ini Dapat Menjadi Alternatif Pilihanmu!

    1. japri aja mas kalau bingung saling berbagi pengetahuan. soalnya ini bagian dalam perencanaan keuangan semua individu. semoga bermanfaat ya mas 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *