Sering Kebalik Antara Reksadana dan Danareksa? Begini Penjelasannya

Selama ini saya sering menjumpai banyak orang yang masih kebalik dalam mengartikan reksadana dan danareksa. Struktur kata yang sangat mirip menyebabkan banyak orang berpikir bahwa keduanya itu adalah istilah yang sama, pada kenyatannya kedua istilah itu sangat berbeda jauh artinya. Pada tulisan kali ini saya akan ngebahas perbedaan mendasar antara keduanya.

Danareksa

Pertama, saya akan membahas dari Danareksa terlebih dahulu. Danareksa merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak bidang jasa keuangan terutama di pasar modal dan pasar uang. Danareksa sendiri adalah salah satu perusahaan tertua di Indonesia.

Perusahaan ini masih berstatus perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Di perusahaan tersebut menyediakan berbagai unit bisnis meliputi pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi serta pengelolaan investasi. Berbagai jasa yang ditawarkan tersebut memudahkan investor baik perusahaan maupun ritel dalam beraktifitas di pasar modal.

Reksadana

Kedua, reksadana merupakan salah satu produk investasi di pasar modal yang dimana sebagai wadah kumpulan uang dari berbagai investor yang dikelola oleh para professional dibidang investasi. Pada umumnya perusahaan yang mengeluarkan produk ini disebut Manajer Investasi (MI).

Setelah dana yang dikumpulkan dari investor oleh MI, dana tersebut di investasikan kembali pada instrumen keuangan seperti saham, obligasi dan deposito. Investor akan mendapatkan keuntungan dari perkembangan dana yang dikelola oleh MI. Besaran keuntungan dan kerugiannya pun sangat beragam dari jenis reksadananya hingga kepiawaian MI dalam mengelola uang investor.

Jadi perbedaan yang mendasar dalam reksadana dan danareksa sudah saya beri huruf tebal diatas. Untuk danareksa adalah salah satu nama perusahaan dan untuk reksadana adalah produk investasi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *