Rahasia Dapur 20 Tokoh Keuangan

Sejak enam tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2010, saya memiliki salah satu majalah yang menjadi penyemangat dan inspirasi saya selama ini. Saya membaca majalah tersebut dari saudara saya yang kebetulan mendapatkannya karena mengikuti sebuah acara yang bertemakan perbankan kala itu.

Majalah tersebut berjudul “Rahasia Dapur 20 Tokoh Keuangan” yang diterbitkan oleh Infobank. Saat pertama kali saya membacanya ketika saya masih duduk di kelas 2 SMA. Awalnya hanya iseng saja karena cover depan majalahnya terdapat 20 wajah yang sangat asing sekali bagi saya saat itu.

Lalu saya mencoba untuk membaca majalah ini halaman demi halaman. Seperti yang saya duga, saya sangat kesulitan untuk sekedar membaca majalah tersebut. Pengetahuan yang sangat minim tentang dunia ekonomi dan keuangan membuat saya cukup memutar otak ketika membacanya.

Walaupun banyak istilah keuangan yang tidak dimengerti majalah ini tetap menarik dari isi majalah tersebut yaitu lebih banyak membahas pengalaman, pemikiran hingga rutinititas masing-masing tokoh. Sungguh, sangat menginspirasikan sekali saat saya membacanya. Banyak sekali yang dapat saya pelajari dari setiap tokoh di majalah ini.

Berikut 20 tokoh yang terdapat di majalah infobank:

  1. Mochtar Riady (The Magic Man of Bank Marketing)
  2. Robby Djohan (Sang Legenda Pencetak Bankir)
  3. E. Setijoso (The Silent Banker)
  4. Jos Luhukay (Sosok Bankir yang Pakar IT)
  5. Hotbonar Sinaga (Tokoh Asuransi yang Selalu Tampil Menawan)
  6. Winny Erwindia (Sosok dibalik Ladies Bank)
  7. Gatot Suwondo (Gagal Menjadi Tentara Sukses Menjadi Bankir)
  8. Agus Martowardojo (Bankir Bertangan Dingin di Kursi Menteri Keuangan)
  9. Stanley S. Atmadja (Rahasia di Balik Lompatan Adira)
  10. Arwin Rasyid (Bankir Elegan Bernaluri Pemburu Sejati)
  11. Iqbal Latanro (Kesetiaan di Satu Institusi Berujung Kesuksesan)
  12. Sofyan Basir (Bertekad Membesarkan Orang Kecil)
  13. Agus Ruswendi (Bankir Daerah yang Mengalir Seperti Air)
  14. Chairul Tanjung (Dokter Gigi yang Merajai Bisnis)
  15. Pramukti Surjaudaja (Bankir Terbang Trah Surjaudaja)
  16. Wiwie Kurnia (Pengayuh Sepeda di Industri Multifinance)
  17. Hary Tanoesoedibjo (Pekerja Keras yang Piawai Berinvestasi)
  18. Jens Risch (Arjuna Allianz Menapak Mimpi di Asuransi)
  19. Jerry Ng (Master Micro Banking yang Menyukai Kesederhanaan)
  20. Sandiaga S. Uno (Pengusaha yang Jago Menciptaka Value)

Menurut saya pribadi, ke 20 tokoh tersebut memiliki keunggulan di masing-masing bidangnya baik di perbankan, asuransi, multifinance maupun investasi. Di majalah ini setiap nama memiliki julukan dari masing-masing tokoh yang mencerminkan kehebatannya. Selain memiliki kepintaran dan kemahirannya di dunia keuangan mereka juga memiliki jiwa leadership yang hebat terbukti dari track record masing-masing tokoh.

Diantara nama-nama tersebut menurut saya yang masuk dalam kategori best of the best adalah Sandiaga S. Uno (subjektif kalau ini hehehe). Bahkan saya sangat terinspirasi dengan beliau dari kiprahnya didunia bisnis mendirikan PT. Saratoga Investama Sedaya hingga kepintaran beliau yang meraih IPK di jenjang S2 sebesar 4.0 di George Washington University . Buanyaaak sekali yang saya dapat pelajari dari beliau sejak membaca ceritanya enam tahun yang lalu hingga saat ini dan menjadikan semangat tersendiri untuk saya pantang menyerah belajar segala hal terkait dunia keuangan dan investasi. Siapa tau suatu saat nanti bisa expert dibidang keuangan seperti beliau.

Begitulah review singkat majalah edisi khusus tokoh keuangan. Kalau kamu, ada majalah/buku yang menarik dan menginspirasikan? Silahkan berbagi cerita juga yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *